Menpora: Indonesia Tidak Bisa Larang Israel Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Selasa, 28 Juni 2022 - 02:02 WIB
loading...
Menpora: Indonesia Tidak Bisa Larang Israel Tampil di Piala Dunia U-20 2023
Timnas Israel U-19. Foto: UEFA
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali , menegaskan Tim Nasional (Timnas) Israel tetap akan hadir di Indonesia untuk tampil di Pial Dunia U-20 2023. Ia menjelaskan Indonesia tidak bisa melarang Israel untuk datang karena semua aturan sudah dibuat FIFA.

Sebagaimana diketahui, Timnas Israel U-20 berhasil lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Namun mereka mendapatkan penolakan dari masyarakat Indonesia.

Baca Juga: 2 Bobotoh Meninggal, Menpora Minta Laga Piala Presiden 2022 Dievaluasi

Hal tersebut tak lepas dari konflik antara Israel dengan Palestina sejak beberapa tahun lalu. Masyarakat Indonesia mengecam perlakuan Israel hingga berdampak ke olahraga.

Sementara itu, Amali mengatakan Indonesia tidak bisa melarang Israel untuk tetap hadir karena sudah ditetap oleh FIFA. Ia menjelaskan menjadi tuan rumah maka Indonesia harus bisa berkomitmen dengan aturan yang sudah dibuat.

"Saya sudah sampaikan bahwa ini adalah olahraga, jadi sudah ada yg mengatur pertandingan sepak bola itu FIFA. Jadi setiap negara ketika menjadi tuan rumah harus punya komitmen," Kata Amali kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

Amali mengatakan, PSSI sudah berkomitmen untuk tetap mengizinkan timnas Israel untuk tetap hadir sebagai salah satu peserta Piala Dunia U-20 tahun depan. Ia ingin menjelaskan olahraga tidak bisa dicampur dengan politik.

"Kita sudah punya komitmen bahwa semua negara yg lolos harus bisa bertanding. Jadi sangat clear dan FIFA paati sama, pssi juga sama," ucapnya.

"Kita menjadikan pertandingan ini menjadi bagian dari olahraga yang tidak tercampur dengan hal-hal lain," pungkasnya.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1073 seconds (10.177#12.26)