3 Alasan Shin Tae-yong Ingin Naturalisasi Jordi Amat, Nomor 2 Paling Bikin Kepincut

Kamis, 30 Juni 2022 - 20:39 WIB
loading...
3 Alasan Shin Tae-yong Ingin Naturalisasi Jordi Amat, Nomor 2 Paling Bikin Kepincut
Jordi Amat adalah salah satu pemain yang akan dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI) untuk membela Timnas Indonesia / Foto: Instagram (@jordiamat5)
A A A
JAKARTA - Jordi Amat adalah salah satu pemain yang akan dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI) untuk membela Timnas Indonesia. Lantas, mengapa pelatih Shin Tae-yong ingin sekali menaturalisasi pemain berdarah Spanyol itu?

Ya, Shin Tae-yong memang telah memilih Jordi Amat sebagai salah satu calon pemain naturalisasi yang diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia. Ia pun mengungkapkan alasannya mengapa telah memanggil Jordi Amat untuk melakukan proses naturalisasi.

Diketahui, pada pertengahan Februari 2022 Shin Tae-yong diundang ke Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menemui Menpora Zainudin Amali. Saat itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut memaparkan alasannya memilih Jordi Amat.

BACA JUGA: Tidak Ada Batasan Shin Tae-yong Ajukan Pemain Naturalisasi

Berikut Alasan Shin Tae-yong Ngotot Ingin Naturalisasi Jordi Amat

1. Pemain Terbaik

Menurut Shin Tae-yong, ia mencari pemain terbaik untuk bisa dinaturalisasi. Alhasil, ia menemukan dua pemain yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat yang dianggap pantas melakukan naturalisasi.

"Jadi saya cari dan usahakan selama satu tahun. Kemudian dapat empat orang, dua orang tersebut (Sandy Walsh dan Jordi Amat) sudah hampir dan dua lainnya masih kurang terus kami jalin komunikasi,” ujar Shin Tae-yong, pada Februari 2022 silam.



2. Punya Pengalaman Bagus di Eropa

Selain itu, Sandy Walsh dan Jordi Amat dinilai mempunyai pengalaman yang bagus di Eropa. Oleh karena itu, mereka direkomendasikan untuk melakukan naturalisasi.

3. Jadi Pemain Utama di Klubnya

Jordi Amat memang menjadi pemain utama di klubnya, KAS Eupen yang bermain di Liga Belgia. Sebab itu, Shin Tae-yong memanggilnya.

"Saya merekomendasikan mereka (Sandy Walsh dan Jordi Amat) karena pemain tersebut menjadi pemain utama dalam formasi yang sangat bagus. Mereka luar biasa maka saya rekomendasikan untuk dinaturalisasi," ungkap Shin Tae-yong.

Seperti pernyataannya di atas, Shin Tae-yong cukup selektif dalam mencari pemain untuk dinaturalisasi. Oleh karena itu, pemain yang dicari adalah pesepak bola berpengalaman yang sudah mencicipi sepak bola Eropa.

Namun, nasib naturalisasi Jordi Amat masih dipertanyakan hingga saat ini. Terlebih, ketika ia diresmikan menjadi pemain anyar Johor Darul Takzim (JDT) beberapa waktu lalu. Banyak netizen Indonesia yang tidak menyetujui keputusannya itu dan meminta proses naturalisasi dibatalkan.

Bahkan, Ketua Komisi X DRP RI Fraksi PKB, Syaiful Huda, menyetujui proses naturalisasi Jordi Amat untuk dibatalkan. Ia pun meminta Shin Tae-yong dan Menpora Zainudin Amali bersikap tegas.

“Saya setuju, naturalisasi Jordi Amat dibatalkan. Kita minta STY (Shin Tae-yong) dan Kemenpora bersikap tegas,” tulis Syaiful di Instagram, Rabu (29/6/2022).
(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0890 seconds (10.55#12.26)