Jelang Piala Dunia 2022, FIFA Perkenalkan Teknologi Terbaru Pendeteksi Offside

Sabtu, 02 Juli 2022 - 19:00 WIB
loading...
Jelang Piala Dunia 2022, FIFA Perkenalkan Teknologi Terbaru Pendeteksi Offside
Jelang Piala Dunia 2022, FIFA Perkenalkan Teknologi Terbaru Pendeteksi Offside. Foto: Daily Mail
A A A
ZURICH - Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi memperkenalkan teknologi terbaru pendeteksi offside. Teknologi ini diklaim lebih akurat dari Video Assistant Referee (VAR) dan akan menunjang wasit untuk mengambil keputusan.

Namun demikian, teknologi ini akan digunakan perdana pada Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022), FIFA mengatakan teknologi ini diberi nama semi otomatis offside.

Baca Juga: Hasil Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Nantinya, teknologi semi-otomatis offside ini akan ditunjang dengan 12 kamera yang bisa mendeteksi 29 titik data dari para pemain. Tidak sampai disitu, Al Rihla, bola Piala Dunia 2022, juga akan dilengkapi sensor yang memiliki akurasi tinggi.

Setelah itu, data akan otomatis terkirim dengan visualisasi video di ruang operasi ofisial pertandingan. Nantinya, video itu akan menjadi dasar keputusan wasit. Meski terbilang panjang, proses pengambilan keputusan diklaim akan lebih cepat dan akurat.

Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina mengatakan teknologi ini akan sangat berguna bagi wasit di lapangan. Meski dihiasi teknologi mutakhir, Collina mengatakan keputusan tertinggi tetap berada di tangan wasit.

“Kami berharap teknologi offside semi-otomatis dapat membawa kami selangkah lebih maju. Kami menyadari bahwa terkadang proses untuk memeriksa kemungkinan offside memakan waktu terlalu lama, terutama ketika insiden offside sangat ketat,” kata Collina dilansir dari laman resmi FIFA, Jumat (1/7/2022).

“Di sinilah teknologi offside semi-otomatis masuk, untuk menawarkan keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat,” sambungnya.

“Pengujian telah sukses besar dan kami sangat yakin bahwa, di Qatar, kami akan memiliki alat pendukung yang sangat berharga untuk membantu wasit dan asisten wasit membuat keputusan terbaik dan paling tepat di lapangan permainan,” tambahnya.

“Saya tahu bahwa seseorang menyebutnya 'robot offside'; ini bukan. Wasit dan asisten wasit tetap bertanggung jawab atas keputusan di lapangan,” tandasnya.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1905 seconds (11.252#12.26)