Festival Olahraga Rekreasi Nasional Dongkrak Ekonomi Warga Palembang

Minggu, 03 Juli 2022 - 23:26 WIB
loading...
Festival Olahraga Rekreasi Nasional Dongkrak Ekonomi Warga Palembang
Festival Olahraga Rekreasi Nasional Dongkrak Ekonomi Warga Palembang. Foto: IST
A A A
PALEMBANG - Festival Olahraga Rekreasi Nasional ( Fornas ) VI 2022 memberi energi positif bagi warga Palembang. Ajang tersebut sekaligus mendongkrak perekonomian warga Palembang.

Antusiasme warga kota untuk menyaksikan beragam cabang olahraga prestasi dan olahraga rekreasi begitu tinggi. Apalagi, ajang tersebut mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca Juga: Momen Perjuangan Atlet yang Berlaga di Fornas VI Sumsel

Di PTC Mall Palembang, digelar lima cabang olahraga, yakni tai chi, barongsai, liong dan barongsai, breakdance, dan senam kreasi. Salah satu yang paling menyedot banyak perhatian adalah breakdance, yang digelar di lantai M3 PTC Mall.

Saat event berlangsung, Minggu (3/7/2022), penonton menyemut mengelilingi arena. Hentakan musik yang diputar, membahanan di seantero ruangan, membuat penonton bersemangat.

Cabang olahraga breakdance di Fornas VI 2022 mempertandingkan tiga kategori, yakni open style, B-boy battle, dan dance competition. Menurut Ketua Panitia cabor breakdance, Praditya Ilham, terdapat berbagai tim yang dipertandingkan.

“Untuk kategori open style, ada 25 tim yang ambil bagian. Di kategor B-boy battle ada 16 tim dan di kategori dance competition ada 12 tim yang turut serta,” jelas Praditya Ilham.

Puluhan peserta itu datang dari berbagai daerah, seperti Jambi, Padang, Pekanbaru, Palu, dan tuan rumah, Palembang. Beradu kemampuan breakdance di ajang sekelas Fornas ini mendorong peserta untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka.

“Kami ingin menunjukkan kemampuan terbaik kami di ajang ini. Palembang punya talenta-talenta breakdance yang berkualitas. Lewat Fornas , kami akan perlihatkan performa maksimal,” kata Sherlyne Marjana, salah satu peserta yang tampil.

Tak hanya peserta yang bersemangat, pengunjung yang hadir di PTC Mall pun menjadi semangat mendengar hentakan musik dan melihat para atlet breakdance unjuk kebolehan.

“Ajang breakdance jelas menghibur kami yang semula datang ke mall hanya ingin berbelanja. Gerakan yang diperlihatkan sangat energik,” kata salah satu pengunjung PTC Mall, Dina Marlina.

Sementara itu Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta saat membuka pertandingan salah satu Induk Olahraga (Inorga) di Fornas 2022 ini berpesan untuk selalu bersemangat dan memberi yang terbaik melalui ajang ini sehingga membuat Indonesia lebih bugar lagi ke depannya.

Menurutnya, melalui ajang Fornas ini terdapat hal-hal yang menyenangkan, karena selain berolahraga, terjalin pula silaturahim antar masyarakat, ada cerita seputar relawan-relawan, penggiat-penggiat mandiri, sehingga jika hal ini tersampiakan dengan baik kepada masyarakat akan menimbulkan motivasi untuk berolahraga dengan penuh kegembiraan.

"Dalam olahraga masyarakat, kebugaran itu jiwa dan raga, bukan hanya jasmani yang sehat, tapi juga mental, sehingga melalui ajang Fornas ini tercipta kegembiraan bersilaturahmi melalui olahraga yang mencakup jiwa persahabatan dan persaudaraan," ucap Raden Isnanta kepada para peserta lomba.

Selain itu, olahraga masyarakat sangat memegang peranan penting, karena tidak mungkin mendapatkan prestasi yang gemilang kalau dari hulunya yakni olahraga masyarakat tidak tergerakkan. Bahkan, ajang ini berdampak langsung bagi ekonomi warga.

Agung, salah seorang sopir rental mobil di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, mengaku bisa bernapas lega dengan banyaknya penumpang yang menggunakan jasanya. Penumpang tersebut ingin menyaksikan Fornas.

"Sejak pandemi Covid-19 lalu, penghasilan saya benar-benar berkurang. Kini, saya bisa bernafas lega sejak Palembang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi (Fornas) VI/2022," kata Agung.

Soal Fornas sebagai penggerak roda perekonomian warga, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel, Ernila Rizar, mengamini hal tersebut. Dia menyebutkan bahwa penyelenggaraan Fornas VI jelas membantu memutar roda perekonomian masyarakat Palembang.

"Masyarakat Palembang menyambut antusias ajang Fornas ini dengan datang berbondong-bondong menyaksikan olahraga rekreasi yang ditampilkan dan ada 165 outlet gratis untuk UMKM yang ditempatkan di 7 mall dan 31 hotel di Palembang," kata Ernila Rizar.

Kadis Perindustrian Provinsi Sumsel juga menggelar Sriwijaya Expo di Jakabaring Sports Centre yang melibatkan sekitar 800 pengusaha UMKM.

"Di Swijaya Expo itu kita juga memberikan edukasi dan juga hiburan dengan menampilkan artis terkenal seperti Andhika Mahesa, Ruri, Budi Dore, Indah Yastami, Trisuaka dan Belista," ungkapnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)