FIA Investigasi Kecelakaan Hebat Zhou Guanyu di Silverstone

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:59 WIB
loading...
FIA Investigasi Kecelakaan Hebat Zhou Guanyu di Silverstone
FIA dikabarkan membuka investigasi terkait insiden kecelakaan hebat yang membuat jet darat Alfa Romeo Sauber C42, yang dikendarai Zhou Guanyu mengalami kerusakan parah di Sirkuit Silverstone, Minggu (3/7/2022) / Foto: Anadolu Agency
A A A
SILVERSTONE - FIA dikabarkan membuka investigasi terkait insiden kecelakaan hebat yang membuat jet darat Alfa Romeo Sauber C42, yang dikendarai Zhou Guanyu mengalami kerusakan parah saat menjalani balapan Formula 1 di Sirkuit Silverstone, Minggu (3/7/2022) malam WIB.

Kecelakaan hebat itu terjadi di tikungan pertama. Jet darat yang dikemudikan Zhou terpental hingga menabrak pembatas. Dalam tayangan ulang, mobil yang dikemudikan Zhou terlihat berguling dan berputar beberapa kali sebelum menabrak pembatas.

Jika dilihat kembali, tampak jika bagian atas mobil, atau bagian roll hoop mobil mengalami kerusakan. Padahal, bagian tersebut seharusnya menjadi bagian dari struktur mobil.

BACA JUGA: Diwarnai Kecelakaan, Carlos Sainz Juara Formula 1 GP Inggris 2022

Menurut laporan Motorsport, Selasa (5/7/2022), pihak FIA pun membuka investigasi. Mereka menganggap ada beberapa hal yang seharusnya tidak terjadi, termasuk di antaranya memeriksa mobil Alfa Romeo.

Sebagai bagian dari sasis mobil, roll hoop seharusnya dapat melindungi pembalap. Bagian tersebut haram untuk mengalami kerusakan seperti yang terjadi pada Alfa Romeo C42.

Namun, roll hoop di Alfa Romeo C42 sudah hancur, walau baru satu kali terguling. Beruntung, pada akhirnya Zhou tak mengalami cedera. Jika tidak ada perangkat Halo, mungkin cedera yang dialami Zhou akan lebih parah.

BACA JUGA: Makin Seru, Duo Red Bull Racing Bersaing Berebut Titel Juara Formula 1 2022

Oleh sebab itu, FIA ingin memeriksa sekuat apa roll hoop yang ada pada mobil Alfa Romeo. Pasalnya, mereka diketahui memiliki desain roll hoop yang sedikit berbeda jika dibanding pesaing lainnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)