Profil Kakang Rudianto, Duplikat Asnawi Mangkualam yang Mengejutkan

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:07 WIB
loading...
Profil Kakang Rudianto, Duplikat Asnawi Mangkualam yang Mengejutkan
Indonesia sepertinya tidak pernah ada habiskan untuk menelurkan pemain berkat yang mampu mengguncang dunia. Terbaru, ada nama Kakang Rudianto / Foto: MPI/ Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Indonesia sepertinya tidak pernah ada habiskan untuk menelurkan pemain berkat yang mampu mengguncang dunia. Terbaru, ada nama Kakang Rudianto, yang dalam sekejap berhasil menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Ini berkaitan dengan kontribusi Kakang saat mengantarkan Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan telak 7-0 atas Brunei Darussalam U-19 pada fase grup A di Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabagha, pada Senin (4/7/2022). Meski tidak mencetak gol, namun pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu ibarat duplikat dari Asnawi Mangkualam.

Kakang menjadi istimewa lantaran perannya di posisi bek kanan skuad Garuda Nusantara sangat aktif membantu pertahanan dan penyerangan. Gaya permainannya seolah mengingatkan penggemar kepada seniornya yakni Asnawi Mangkualam.

BACA JUGA: Shin Tae-yong kepada Suporter Indonesia: Jangan Bully Pemain, Beri Dukungan di Medsos!

Kakang merupakan pemain kelahiran Cianjur, 2 Februari 2003. Saat ini dia bermain bersama klub kebanggaan Jawa Barat Persib Bandung.

Posisi bek kanan bisa dibilang baru untuk Kakang. Sebab sebelumnya dia lebih sering ditempatkan di posisi bek tengah.

Posisi baru ini diterapkan di Timnas U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong mulai dari laga pertama melawan Vietnam U-19 kemarin. Siapa sangka, ternyata dia sangat nyetel dengan posisi ini.

BACA JUGA: Hokky Caraka Cetak Quat-trick, Shin Tae-yong: Jangan Cepat Puas, Dia Banyak Kekurangan!

Kakang dipromosikan ke skuad utama Persib Bandung baru tahun ini. Dia langsung mencetak gol debutnya saat Persib mengalahkan Tira Persikabo 1973 1-0 di Stadion I Gustin Ngurah Rai, Bali pada 29 Januari lalu.

Kakang mengawali karier profesionalnya di Persib U-18 pada 2018-2019. Bersama rekan-rekannya, kakang berhasil membantu Persib U-18 meraih gelar runner-up di ajang Elite Pro Akademi Liga 1 U-18 2021.

Setelah dari sana dia menjalani program Garuda Select II dan sempat menimba ilmu di Italia dan Inggris pada 2019 lalu. Sampai pada 2020-2022 dia dipanggin untuk jadi bagian dari Persib Bandung.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1128 seconds (10.55#12.26)