Berakhir Sudah Kutukan 30 Tahun Liverpool di Pentas Liga Inggris

Jum'at, 26 Juni 2020 - 06:39 WIB
loading...
Berakhir Sudah Kutukan 30 Tahun Liverpool di Pentas Liga Inggris
Suporter Liverpool merayakan gelar dengan suar dan trofi Premier League replika. Foto: The Sun
A A A
LIVERPOOL - Sejak musim 1989/1990 Liverpool seperti terkutuk di Liga Inggris . Gelar tak kunjung datang hingga akhirnya kutukan itu musnah hari ini.

Liverpool mengunci gelar Liga Inggris 2019/2020 setelah pesaing terdekat mereka, Manchester City, gagal menang melawan Chelsea, Jumat (26/6/2020) dini hari. (Baca juga: Liverpool Kampiun Liga Inggris 2019/2020 ).

Sebelum ini Liverpool memenangkan gelar liga pada 1989/1990 di bawah Kenny Dalglish. Pada saat itu John Barnes menjadi pemain tersubur dengan torehan 22 gol. (Lihat Grafis: Klub Liga Inggris Berebut Tiket Liga Champions )
Berakhir Sudah Kutukan 30 Tahun Liverpool di Pentas Liga Inggris

Namun sejak saat itu gelar Liga Inggris dikuasai Manchester United, Arsenal, Chelsea dan Manchester City. Adapun Blackburn dan Leicester ikut mengukir namanya di trofi.

Tahun 1995 Liverpool punya peluang besar memenangkan Liga Inggris -yang berubah nama jadi Premier League. Namun secara mengejutkan The Reds finis di tempat ketiga di belakang Manchester United dan Newcastle.

Pada musim 2001/2002 Liverpool kembali tampil diperhitungkan di liga, tetapi cuma bisa finis sebagai runner up. Kesialan berlanjut hingga dekade berikutnya.

Memasuki musim 2013/2014 Liverpool memboyong Daniel Sturridge dan Luis Suarez. Namun, produktivitas serangan tak diimbangi dengan rapuhnya lini bertahan Liverpool yang kala itu dihuni Mamadou Sakho, Jon Flanagan dan penjaga gawang Simon Mignolet. (Baca juga: Juergen Klopp: Beri Tahu Dunia, Kami Juara Liga Inggris )
Berakhir Sudah Kutukan 30 Tahun Liverpool di Pentas Liga Inggris

Bergabungnya Juergen Klopp bersama Liverpool pada 2015 seperti menjadi titik balik. Pelatih asal Jerman menyulap lini depan Liverpool dengan sihir Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane. Klopp juga menambal lini bertahan yang rapuh dengan mendatangkan Virgil van Dijk dan Alisson Becker.

Pemain muda seperti Trent Alexander-Arnold juga berkembang di tangan Klopp. Kini Liverpool tak cuma merasakan sukses gelar yang sudah lama mereka tunggu. The Reds juga semakin matang dalam mengembangkan skuatnya. (Baca juga: Suporter Liverpool Turun ke Jalan Rayakan Gelar Liga Inggris )
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)