Bintang Timnas Basket Filipina Comeback di FIBA Asia Cup 2022

Senin, 11 Juli 2022 - 01:02 WIB
loading...
Bintang Timnas Basket Filipina Comeback di FIBA Asia Cup 2022
Bintang Timnas Basket Filipina Comeback di FIBA Asia Cup 2022. Foto: IST
A A A
JAKARTA - FIBA Asia Cup yang digelar di Indonesia bakal jadi momentum spesial untuk wakil Asia Tenggara lainnya Timnas Filipina . Pasalnya, di turnamen ini mereka akan kembali diperkuat bintang andalannya Bobby Ray Parks.

Sekadar informasi, Ray Parks mengalami sejumlah polemik pada akhir masa kontraknya di klub pada 2020 lalu. Padahal dia berhasil memimpin TNT Tropang Giga -klub Liga Filipina- mencapai partai final di liga domestik.



Namun Parks berselisih dengan jajaran dan petinggi skuadnya sehingga tidak terpakai dalam beberapa laga. Dia pun absen di musim lalu dengan berbagai alasan.

Kontrak Parks berakhir pada akhir musim 2020 dan sempat kembali dapat tawaran dari klubnya itu yang masih memegang hak bermainnya. Dia pun tetap menolak untuk menandatangani kesepakatan dan akhirnya memilih untuk bergabung dengan tim di Japan B. League bersama beberapa pemain Filipina lainnya.

Tapi tampaknya Parks mampu memperbaiki keadaan dengan orang-orang di Filipina. Dia pun kembali ke program latihan Timnas dan siap tampil di FIBA Asia Cup 2022.

Selain Parks, Ravenas, Ramos dan Erram, pemain lain yang didapuk untuk bermain di FIBA Asia Cup adalah andalan Will Navarro, LeBron Lopez, Carl Tamayo, SJ Belangel, RJ Abarrientos, Geo Chiu, dan Kevin Quiambao.

Saat ini tim Filipina sudah berangkat menuju ke Jakarta sejak Sabtu malam tadi. Adapun turnamen FIBA Asia Cup akan dimulai dari 12-24 Juli di Jakarta, Indonesia.

Piala Asia FIBA adalah turnamen yang terakhir kali dimenangkan oleh Filipina pada 1985 dan berakhir Januari 1986 di Kuala Lumpur lalu. Saat itu tim diperkuat oleh pemain naturalisasi Jeff Moore dan Denis Still dan didukung oleh Hall of Famers PBA masa depan. Ada juga Allan Caidic, Samboy Lim dan Hector Calma dan dilatih oleh mendiang Ron Jacobs.

Hasil terbaik setelah itu sebelumnya adalah pada 2015 ketika tim ditangani oleh Tad Baldwin dan selesai dengan medali perak di Cina.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)