3 Dampak jika Timnas Indonesia Keluar dari AFF, Salah Satunya Bisa Katrol Peringkat

Jum'at, 15 Juli 2022 - 09:03 WIB
loading...
3 Dampak jika Timnas Indonesia Keluar dari AFF, Salah Satunya Bisa Katrol Peringkat
Indonesia sempat disarankan keluar dari AFF setelah gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 meski sangat produktif dan tidak terkalahkan di Grup A. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
A A A
JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski sangat produktif dan tidak terkalahkan di Grup A. Kemenangan 5-1 atas Myanmar U-19 di laga terakhir seakan tidak berarti.



Regulasi AFF yang menggunakan aturan head-to-head ini membuat Garuda Nusantara gagal lolos meski memiliki selisih gol paling tinggi di Grup A. Padahal, torehannya sama dengan Vietnam U-19 dan Thailand U-19 yaitu 11 poin.

Vietnam U-19 dan Thailand U-19 lolos ke semifinal setelah bermain imbang 1-1, walau pada akhirnya mereka tetap gagal melaju ke partai puncak

Hal ini membuat pelatih Shin Tae-yong geram dan menyebut bahwa AFF kuno karena masih menggunakan aturan itu. Sebab, FIFA, UEFA dan AFC sudah meninggalkannya.

Para fans Indonesia juga ikut kesal dan menyarankan agar Indonesia keluar dari AFF. Karena federasi sepak bola Asia Tenggara ini sudah dianggap tidak adil.

Apabila Indonesia benar benar keluar dari AFF tentunya bisa memicu sejumlah efek. Ini justru lebih merugikan AFF bila Indonesia benar-benar keluar.



Berikut 3 Efek Jika Indonesia Keluar dari AFF :

1. Kerugian Bagi AFF

Panitia AFF membujuk Indonesia supaya tidak keluar dari AFF. Selain bisa redup, tentunya akan terjadi masalah finansial dalam asosiasi sepak bola ini.

Indonesia dikenal sebagai negara yang kuat secara finansial dalam menyokong dan mensponsori AFF. Selain itu jumlah penonton streaming untuk AFF juga merupakan yang terbanyak dari negara lain.

Jika Indonesia keluar dari AFF maka dana sponsor dan penonton akan berkurang yang membuat federasi ini akan mengalami kerugian, khususnya dalam dalam hal keuangan.

2. Indonesia Lebih Fokus ke Laga AFC dan FIFA

AFF bukanlah federasi yang dinaungi FIFA. Artinya, setiap pertandingan dalam turnamen di wilayah ini hanya dianggap sebagai persahabatan atau uji coba.

Jika keluar dari AFF maka Indonesia akan lebih fokus dalam persiapan dirinya menghadapi event yang diadakan AFC seperti Piala Asia, atau FIFA seperti Kualifikasi Piala Dunia.

Ini dapat membuat skuad Garuda bisa lebih sering bertemu dengan negara-negara kuat. Sehingga membuat Indonesia lebih berpengalaman nantinya.

3. Posisi Indonesia di Peringkat FIFA Bisa Meningkat

Saat ini Indonesia berada di urutan 155 dunia dalam peringkat FIFA. Berbeda jauh dari Vietnam yang ada di urutan 98 dunia.

Bila Indonesia keluar tentu kesempatan melawan tim tim kuat akan bertambah dan bisa membuat tim Merah Putih lebih terlatih dari segi fisik hingga mental.

Bukan tidak mungkin nantinya bisa menyalip Vietnam dari posisinya sekarang.

Meskip ada sejumlah keuntungan untuk Indonesia, PSSI masih belum berani mengambil resiko. Tentunya selain efek positif, ada juga hal hal lain yang bisa terjadi apabila Indonesia keluar dari AFF.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)