Hasil FIBA Asia Cup 2022: Kalah Telak, Indonesia Gagal Lolos FIBA World Cup 2023

Senin, 18 Juli 2022 - 19:18 WIB
loading...
Hasil FIBA Asia Cup 2022: Kalah Telak, Indonesia Gagal Lolos FIBA World Cup 2023
Indonesia menelan kekalahan dari China dalam babak playoff perempat final FIBA Asia Cup 2022. Tim Merah Putih dihajar 58-108 atau dengan selisih 50 poin. Foto: Twitter
A A A
JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Bola Basket Indonesia menelan kekalahan dari China dalam babak playoff perempat final FIBA Asia Cup 2022 . Tim Merah Putih dihajar dengan skor telak 58-108 atau dengan selisih 50 poin.



Ini berarti Indonesia dipastikan batal ikut serta saat menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Sementara China, melangkah ke perempat final turnamen bola basket antar negara-negara Benua Kuning ini untuk menghadapi Lebanon.

Pada laga ini, Quan Gu tampil gemilang untuk China dengan membukukan 23 poin, tujuh rebound dan satu assist. Sementara di kubu Indonesia, Marques Bolden menjadi bintang dengan torehan 21 poin dan enam rebound.

Bermain di Istora Senayan, Jakarta, tuan rumah sempat mengimbangi permainan China pada awal laga. Tembakan tiga angka dari Rui Zhao berhasil dibayar tuntas oleh three points dari Marques Bolden, yang membuat skor menjadi imbang 3-3.

Akan tetapi, setelah mengimbangi hingga skor 5-5, Indonesia langsung keteteran menghadapi tekanan dari Negeri Tirai Bambu. Mereka langsung tertinggal jauh 20-9 dan kemudian 29-11 pada akhir kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, China masih terus mendominasi. Tembakan tiga angka mereka yang dilepaskan oleh Mingxuan Hu, Rui Zhao dan Quan Gu selalu sukses masuk ke dalam keranjang sehingga mereka terus menjauh dengan keunggulan 44-15.

Di sisi lain, percobaan tiga angka dari tim tuan rumah kerap kali gagal. Pergerakan sang bintang, Marques Bolden pun bisa dikunci oleh sang lawan sehingga Indonesia benar-benar kesulitan untuk mencetak angka. Alhasil, mereka semakin tertinggal dari China dengan skor 59-21 saat kuarter dua berakhir.

Pada kuarter ketiga, pertandingan berjalan lebih seimbang. Indonesia bisa mengembangkan permainan meski masih tertinggal jauh 33-70.

Lewat aksi dari gemilang Bolden dan juga Brandon Jawato, Tim Merah-Putih terus mendulang poin demi poin. Hasilnya, mereka mampu mencetak 23 poin pada kuarter ketiga, unggul 2,5 bola dari China.

Tim besutan Milos Pejic itu pun mampu memangkas jarak menjadi 44-77 pada akhir kuarter ketiga.

Namun, pada kuarter keempat performa Indonesia Patriots kembali menurun. Bahkan, hingga lima menit kuarter keempat berjalan mereka gagal menorehkan satu poin pun.

Sementara China bisa mendapatkan 14 poin yang membuat mereka semakin jauh meninggalkan Indonesia dengan skor 91-44.

Setelah itu, Negeri Tirai Bambu terus mendulang poin demi poin tanpa kesulitan. Di sisi lain, pertahanan mereka juga sangat kokoh sehingga selalu bisa mematahkan serangan Indonesia.



Alhasil, China mampu menguasai jalannya permainan hingga pertandingan selesai. Mereka menutup kuarter keempat sekaligus memastikan kemenangan atas Indonesia dengan skor telak 108-58.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)