5 Rekor Dunia Pebulu Tangkis Indonesia Guncang Jagat Bulu Tangkis

Rabu, 20 Juli 2022 - 11:53 WIB
loading...
5 Rekor Dunia Pebulu Tangkis Indonesia Guncang Jagat Bulu Tangkis
5 Rekor Dunia Pebulu Tangkis Indonesia Guncang Jagat Bulu Tangkis/Faisal Rahman/Sindo Photo
A A A
Inilah lima rekor dunia jago bulu tangkis Indonesia yang sulit dipecahkan pemain hebat lainnya akan dibahas dalam artikel ini. Setidaknya ada lima rekor dunia jago bulu tangkis Indonesia yang mengguncang jagat bulu tangkis yang sulit dipecahkan pemain hebat lainnya.

1. Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Ranking 1 Dunia Ganda Putra Terlama
Duet Marcus Fernaldi Gideon/Kevin sanjaya Sukamuljo mempertajam rekor menduduki nomor 1 dunia di ranking BWF, Selasa (19/7/2022). Pasangan yang kerap dijuluki Minions itu berhasil mengoleksi 111.827 poin.



Ini menandai 207 pekan beruntun mereka menjadi raja ganda putra dunia. Kurang lebih selama lima tahun, Marcus/Kevin bertengger kokoh di puncak ranking BWF ganda putra hingga hari ini. Rekor dunia ini bakal sulit dipecahkan ganda putra negara lain.

2. Alan dan Susy Pengantin Emas Olimpiade
Alan Budikusuma dan Susy Susanti mencatat sejarah sebagai pasangan emas Olimpiade setelah menjadi juara di Olimpiade Barcelona 1992. Alan Budikusuma merebut emas tunggal putra dan Susy Susanti menyabet emas tunggal putri.

Hingga saat ini, rekor Alan dan Susy sebagai pengantin emas Olimpiade sangat sulit dipecahkan pemain bulu tangkis dunia lainnya terutama pemain tunggal. Susy Susanti meraih emas tunggal putri setelah menaklukkan Bang So-hyun dari Korea Selatan di final. Sedangkan Alan mengalahkan rekan senegaranya Ardy Bernardus Wiranata di partai final.

3. Taufik Hidayat pemain nomor 1 dunia termuda
Taufik Hidayat si jenius jago bulu tangkis Indonesia ini tercatat dalam buku rekor sebagai pemain nomor 1 dunia di usia 17 tahun. Taufik Hidayat juga tercatat pemain yang nyaris komplet sebagai pemain yang merebut gelar juara bergengsi. Taufik tercatat pernah menjadi juara dunia, peraih medali emas Olimpiade, Asian Games, SEA Games, juara Asia, dan mempersembahkan Piala Thomas.



4. Rudy Hartono juara All England 7 kali beruntun
Rudy Hartono Kurniawan mencatat delapan kali juara All England yang bergengsi dengan tuju di antaranya diraih secara beruntun. Rudy Hartono mencatat rekor dunia juara All England tujuh kali beruntun pada edisi 1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973 dan 1974.

Rudy Hartono arek Suroboyo itu menambah satu gelar juara All England pada 1976 setelah mengalahkan Liem Swie King dari Indonesia. Rekor tujuh kali beruntun yang diraih Rudy Hartono sangat sulit dipecahkan pemain bulu tangkis dunia lainnya hingga saat ini.

5. Tim Piala Thomas Indonesia Terbanyak Juara
Tim Piala Thomas Indonesia menjadi negara yang terbanyak menjadi juara dengan 14 kali. Dari 14 kali juara itu, lima di antaranya diraih secara beruntun. Prestasi ini sangat sulit didekati negara lain di tengah semakin ketatnya persaingan bulu tangkis dunia saat ini.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7167 seconds (0.1#10.140)