4 Tunggal Putra Bulu Tangkis Legendaris Dunia, Nomor Terakhir Jagoan Indonesia

Jum'at, 22 Juli 2022 - 06:03 WIB
loading...
4 Tunggal Putra Bulu Tangkis Legendaris Dunia, Nomor Terakhir Jagoan Indonesia
Pebulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei menjadi salah satu legenda tunggal putra dunia, selain Taufik Hidayat dari Indonesia. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Bulu tangkis telah melahirkan pemain-pemain hebat dari berbagai negara. Dengan torehan gelar di level perorangan maupun di tim nasional, sukses mengukuhkan diri sebagai legenda.

Satu di antara sekian nomor yang cukup bergengsi adalah tunggal putra. Jika melihat ke belakang, mungkin akan muncul nama-nama seperti Rudy Hartono , Liem Swie King, hingga Morten Frost Hansen.

Baca Juga: Pelatih Manchester City Konfirmasi Oleksandr Zinchenko Gabung Arsenal

Namun, setelahnya muncul bibit-bibit baru yang menjadi generasi penerus dan tak kalah hebat. Berikut empat pemain bulu tangkis tunggal putra legendaris dunia.

1. Lee Chong Wei (Malaysia)
4 Tunggal Putra Bulu Tangkis Legendaris Dunia, Nomor Terakhir Jagoan Indonesia

Mantan pebulu tangkis asal Malaysia ini dikenal sebagai salah satu legenda tunggal putra di dunia. Lahir di Perak, Lee Chong Wei berasal dari keluarga Tionghoa pasangan Lee Ah Chai dan Khor Kim Choi.

Awalnya, dia menyukai olahraga Basket. Namun, setelahnya dia mulai belajar bulu tangkis sejak umur 11 tahun.

Dalam kariernya, pria kelahiran 21 Oktober 1982 ini menjadi pebulu tangkis yang menduduki peringkat 1 dunia terlama. Tercatat, dia berada di posisi teratas sekitar 349 minggu lamanya.

Malaysia sendiri memberinya gelar kehormatan ‘Datuk’ atas prestasinya selama ini. Lee Chong Wei pernah meraih tiga medali perak di Olimpiade. Tepatnya pada Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012, dan Olimpiade Rio 2016.

Selain itu, Lee Chong Wei meraih gelar juara dari berbagai turnamen. Sebut saja seperti Malaysia Open 2004, Chinese Taipei Open 2004, Denmark Open 2005, Indonesia Open 2007, China Open 2008, All England 2011, dan masih banyak lainnya.

2. Lin Dan (China)
4 Tunggal Putra Bulu Tangkis Legendaris Dunia, Nomor Terakhir Jagoan Indonesia

Sosok Lin Dan tentu tak asing bagi pecinta Bulu Tangkis. Kerap disebut sebagai rival abadi Taufik Hidayat, Lin Dan juga tercatat sebagai legenda tunggal putra dunia. Pada usia mudanya, dia sempat didorong orang tuanya untuk menjadi pianis. Namun, dia lebih memilih untuk bermain bulu tangkis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1473 seconds (10.55#12.26)