PSSI Gabung EAFF, Status Timnas Indonesia Jadi Tim Medioker di Peringkat 6

Minggu, 24 Juli 2022 - 20:01 WIB
loading...
PSSI Gabung EAFF, Status Timnas Indonesia Jadi Tim Medioker di Peringkat 6
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kanan) berselebrasi bersama rekan-rekannya usai membobol gawang Timnas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 Selasa (14/6/2022) Foto: ANTARA FOTO/Humas PSSI/app/aww
A A A
JAKARTA - Kabar PSSI akan bergabung ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EFF) dan meninggalkan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) menjadi perbincangan hangat. Namun, andaikan PSSI benar bergabung ke EAFF apakah bisa bersaing?.

Saat ini EFF dihuni oleh 10 anggota. Anggota federasi itu akan menjadi 11 negara jika PSSI pada akhirnya benar-benar memutuskan bergabung.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gabung EAFF, Pakar Sepak Bola Asia Tenggara Kecam PSSI Bertingkah seperti Bocah

Sebanyak 10 anggota yang sudah bergabung bersama EAFF, yakni Taiwan, China, Guam, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Makau, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Anggota-anggota EAFF cukup banyak yang memiliki peringkat FIFA atau dunia lebih baik ketimbang Indonesia. Hal itu bisa menjadi tantangan untuk PSSI.

Berdasarkan peringkat FIFA per Juni 2022, Indonesia bertengger di posisi ke-155. Peringkat itu dalam kategori sepak bola putra.

Catatan itu membuat Indonesia berada di posisi keenam jika bergabung di EAFF. Inilah lima besar peringkat anggota EAFF di atas Indonesia, yakni Jepang (24), Korea Selatan (28), China (78), Korea Utara (112), dan Hong Kong (145).

Sementara itu, ada lima negara yang peringkat FIFA-nya berada di bawah Indonesia. Lima negara itu, yakni Taiwan (157), Makau (182), Mongolia (184), Guam (205), dan Kepulauan Mariana (tidak memiliki peringkat)

Rumor PSSI pindah ke EAFF muncul saat Timnas Indonesia U-19 gagal pada Piala AFF U-19. Hal itu karena tim asuhan Shin Tae-yong kalah head to head dari Vietnam dan Thailand.

Netizen Indonesia menilai adanya main mata dalam lawan Vietnam dan Thailand yang berakhir dengan skor 1-1. Skor akhir itu membuat Timnas Indonesia U-19 tidak bisa melaju ke babak semifinal meski mengumpulkan poin 11 seperti dua negara itu.

Alhasil, Netizen Indonesia mendesak PSSI keluar dari AFF dan pindah ke EAFF. Hal itu berlandaskan kekecewaan pada Piala U-19.

PSSI pun sudah mengirim nota protes PSSI ke AFF. Namun, dikabarkan belum mendapatkan respons.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan sudah berkomunikasi dengan EAFF dan mendapat tanggapan positif. Akan tetapi, PSSI masih melakukan kajian lebih dahulu sebelum mengambil keputusan bergabung ke EAFF atau tetap bersama AFF.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1568 seconds (11.210#12.26)