Ini Perbedaan Turnamen EAFF dan AFF, Timnas Indonesia Mau ke Mana?

Senin, 25 Juli 2022 - 12:00 WIB
loading...
Ini Perbedaan Turnamen EAFF dan AFF, Timnas Indonesia Mau ke Mana?
Timnas Indonesia kabarnya berniat keluar dari AFF dan bergabung dengan EAFF. Lalu, ada perbedaan turnamen yang digelar oleh kedua federasi ini? Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Rumor Timnas Indonesia berniat keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara ( AFF ) dan bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) terus berembus. Lalu, ada perbedaan yang mencolok dari kedua federasi ini?



Wacana pindah federasi ini mencuat buntut peristiwa di Piala AFF U-19 2022. Saat itu Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal meski tidak pernah kalah dan paling produktif.

Garuda Nusantara sejatinya meraih 11 poin di klasemen akhir Grup A, sama seperti Vietnam U-19 dan Thailand U-19. Tapi, tuan rumah harus tersingkir karena kalah head-to-head dari kedua rival itu.

Meski melibas Myanmar U-19 dengan skor 5-1 pada laga pentup Grup A, Indonesia U-19 tetap kandas karena duel Vietnam U-19 vs Thailand U-19 berakhir imbang 1-1.

Yang jadi sorotan adalah, adanya unsur main mata pada laga Vietnam U-19 vs Thailand U-19. Sebab, saat skor imbang 1-1, mereka enggan saling menyerang dan pemainnya kerap berpura-pura jatuh untuk menghabiskan waktu.

Ini sebabnya, fans menyarankan agar Indonesia pindah federasi, dalam hal ini EAFF. PSSI juga kabarnya tertarik untuk merealisasikan usulan itu. Lalu, apa perbedaan antara turnamen EAFF dan AFF?

AFF berisikan 12 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura, Filipina, Laos, Kamboja, Timor Leste, Brunei Darussalam, Myanmar dan Australia.

Meski demikian, AFF bukanlah federasi yang dinaungi FIFA. Saat ini hanya ada enam federasi yang diakui yakni Eropa (UEFA), Amerika Latin (CONMEBOL), Amerika Utara (CONCACAF), Asia (AFC), Afrika (CAF) dan Oceania (OFC).

Hanya saja, AFF memiliki sejumlah turnamen untuk level senior maupun level usia, baik pria maupun wanita. Ini bisa dijadikan ajang untuk mengasah kemampuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)