Pemain Top Dunia yang Bermain di EAFF, Timnas Indonesia Harus Siap Mental

Senin, 25 Juli 2022 - 21:00 WIB
loading...
Pemain Top Dunia yang Bermain di EAFF, Timnas Indonesia Harus Siap Mental
EAFF belakangan ini jadi bahan perbicangan netizen. Pasalnya, Timnas Indonesia berniat bergabung. Masalahnya, di sana banyak pemain kelas dunia. Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) belakangan ini jadi bahan perbicangan netizen. Pasalnya, Tim Nasional (Timnas) Indonesia berniat pindah ke sana.



Indonesia punya wacana ingin keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). Ini buntut dari kisruh di Piala AFF U-19 2022 beberapa waktu lalu.

Cukup mungkin bagi Indonesia untuk pindah federasi. Sebab, sudah ada yang pernah melakukannya. Sebut saja Australia, Iran dan Afghanistan.

Tapi, bukan berarti pindah federasi akan langsung mengatrol prestasi. Malah bukan tidak mungkin nantinya malah jadi bahan mainan negara lain.

Itu bisa saja dialami Indonesia bila bergabung di EAFF. Sebab, disitu ada sejumlah tim kuat yang tentunya dibekali pemain hebat.

EAFF terdiri dari 10 negara, yakni Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, Hong Kong, Taiwan, Macau, Guam, Mongolia dan kepulauan Mariana Utara.

Diantara mereka, Jepang, Korea Selatan dan China dinilai memiliki sejumlah pemain kelas dunia dan ganas yang berkarier di klub papan atas.

Event utama EAFF adalah Kejuaraan EAFF E-1 yang biasanya digelar dua tahun sekali. Ini bakal diikuti skuad Garuda bila nanti bergabung.

Kejuaraan EAFF E-1 memang bukan turnamen resmi FIFA. Jadi, klub tidak berkewajiban melepas pemainnya untuk membela negara masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)