Pemain Top Dunia yang Bermain di EAFF, Timnas Indonesia Harus Siap Mental

Senin, 25 Juli 2022 - 21:00 WIB
loading...
A A A
Artinya, sangat jarang pemain kelas dunia yang bermain di klub Eropa yang ikut serta di Kejuaraan EAFF E-1. Meski demikian, skuad yang dibawa tim papan atas setiap edisi tetap menyeramkan.

Kejuaraan EAFF E-1 edisi 2022 misalnya. Mayoritas skuad Jepang berasal dari klub lokal. Tapi, ada tiga pemainnya yang jadi top skor sementara.

Shuto Machino (Shonan Bellmare), Takuma Nishimura (Yokohama F. Marinos), dan Yuki Soma (Nagoya Grampus) sama-sama mencetak dua gol. Negeri Matahari Terbit juga punya Kento Hashimoto yang membela SD Huesca.

Begitu juga Korea Selatan, yang hampir semuanya dari klub dalam negeri. Diantaranya Kang Seong-jin (FC Seol) yang juga sudah mencetak dua gol.

Hal serupa dilakukan China. Di Kejuaraan EAFF E-1 edisi 2022, Negeri Tiongkok juga hanya menurunkan pemain yang semuanya dari klub lokal.

Tapi, jika menilik ke belakang, ada beberapa pemain ternama yang pernah mengikuti Kejuaraan EAFF E-1. Pada edisi 2003 misalnya.

Saat itu ada pemain Manchester City (Man City), Sun Jihai yang membela China. Sementara Korea Selatan diperkuat Ahn Jung-hwan yang dulu sempat menemani Perugia.

Pada perhelatan 2005, Korea Selatan sempat membawa Lee Dong-gook, yang kemudian bersegaram Middlesbrough pada periode 2007-2008. Belum lagi Lee Chun-soo yang kala itu masih bermain untuk Real Sociedad.

Beralih ke edisi 2010, Jepang jadi sorotan karena membawa sejumlah pemain yang membela klub papan atas Eropa. Sebut saja Junichi Inamoto (Arsenal, Fulham, West Bromwich Albion, dan Eintracht Frankfurt).

Jepang juga membawa Shinji Kagawa. Saat itu dia baru berusia 20 tahun dan masih membela Cerezo Osaka. Tapi, setelah itu dia silih berganti membela Borussia Dortmund dan Manchester United.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)