Sejarah Bulu Tangkis Indonesia! PBSI Gelar Piala Presiden 2022

Senin, 25 Juli 2022 - 16:32 WIB
loading...
Sejarah Bulu Tangkis Indonesia! PBSI Gelar Piala Presiden 2022
Ketum PBSI Agung Firman Sampurna (tengah) berbicara dalam konferensi pers Piala Presiden 2022 di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Senin (25/7/2022). Foto: SINDOnews/MPI/Quadiliba Al-farabi
A A A
JAKARTA - Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia ( PBSI ) akan menggelar kompetisi bergengsi di Tanah Air bertajuk Piala Presiden 2022. Kejuaraan ini merupakan pertama kali sepanjang sejarah PBSI terbentuk sejak 1951.

Kompetisi ini akan diselenggarakan di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur pada 1 - 6 Agustus 2022. Adapun, hadiah kompetisi ini berjumlah lebih dari Rp1 miliar.



Sebagai gambarannya, kompetisi ini memiliki kemiripan dengan Sirkut Nasional Bulutangkis (Sirnas). Namun yang membedakan, bila di Sirnas setiap pemain mewakili klubnya, tapi di kompetisi ini mewakili provinsinya masing-masing.

Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden, Armand Dharmadji, mengatakan jumlah peserta yang ikut partisipasi di ajang ini sebanyak 620 atlet. Terdiri dari 30 provinsi seluruh Indonesia dan memperebutkan raihan medali emas terbanyak.

Kejuaraan Piala Presiden 2022 ini akan mempertandingkan 11 nomor. Terdiri dari, tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15), serta tunggal dan ganda putra-putri, dan ganda campuran kelompok remaja (U-17).

Nantinya, daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak akan berhak atas trofi bergilir Piala Presiden.

Trofi yang didominasi warna emas itu merupakan hasil karya seninan asal Garut bernama Mohammad Mufti Al Rajab. Dia memenangkan sayembara design Piala Presiden yang telah diikuti 130 karya.

“Olahraga bulu tangkis yang memiliki banyak prestasi ini perlu dipertahankan. Untuk mewujudkan itu perlu ada pembinaan rutin dari bawah,” ucap Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna saat jumpa pers di Pelatnas Cipayung, Senin (25/7/2022).

“Ajang ini untuk mendapatkan bakat-bakat terbaik, dan mendapatkan penghargaan paling prestisius sepanjang sejarah di kejuaraan bulu tangkis ini,” tutupnya.

Kejuaraan Piala Presiden 2022 total mempertandingkan 11 nomor. Yaitu, tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15), serta tunggal dan ganda putra-putri, dan ganda campuran kelompok remaja (U-17).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)