Direktur Balap MotoGP Beri Penjelasan Aturan Batas Lintasan

Kamis, 28 Juli 2022 - 08:04 WIB
loading...
Direktur Balap MotoGP Beri Penjelasan Aturan Batas Lintasan
Direktur balap MotoGP, Mike Webb, memberikan penjelasan mengenai aturan batas lintasan. Dikatakannya, prosedur ini diterapkan untuk menghindari adanya kecurangan di kalangan pembalap / Foto: Crash
A A A
NYON - Direktur balap MotoGP , Mike Webb, memberikan penjelasan mengenai aturan batas lintasan. Dikatakannya, prosedur ini diterapkan untuk menghindari adanya kecurangan di kalangan pembalap.

"Sebuah 'jalan pintas' adalah tempat tertentu di trek balap di mana pengemudi dapat mempersingkat trek dan menjadi lebih cepat sebagai hasilnya," tutur Webb dikutip laman Sportweek, Rabu (27/7/2022).

Hanya ada enam trek di kalender GP saat ini di mana seorang pembalap dapat mengambil 'jalan pintas' di tikungan tertentu. Salah satuny adalah chicanes di Le Mans dan Assen hingga di pada tikungan 1 dan 2.

BACA JUGA: Rossi Pensiun dan Marquez Cedera, Direktur Sirkuit Ricardo Tormo Takut Pemasukan Menurun

"Ketika kami melakukan perjalanan ke sirkuit ini, kami berdiskusi dengan pembalap dan tim sebelum acara di mana letaknya ada sektor yang memungkinkan adanya 'jalan pintas'," jelas Webb.

"Di sektor ini ada loop yang mengukur waktu dari awal hingga akhir bagian dan loop deteksi di kurva di mana jalan pintas dimungkinkan," imbuh Webb.

Kemudian Webb menambahkan ada beberapa syarat pembalap melanggar aturan ini. Artinya, tak semua pembalap dengan kejadian serupa serta-merta dihukum begitu saja.

BACA JUGA: Lewis Hamilton Isyaratkan Pensiun dari F1 2 Tahun Lagi

"Jika pembalap kehilangan setidaknya satu detik melalui manuver, tidak ada penalti. Namun, jika mereka kalah kurang dari satu detik dari waktu 'normal', penalti putaran panjang adalah penalti standar," pungkas Webb.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2448 seconds (0.1#10.140)