Daftar 13 Petarung MMA Meninggal Akibat Cedera Otak Mengerikan

Kamis, 28 Juli 2022 - 12:00 WIB
loading...
Daftar 13 Petarung MMA Meninggal Akibat Cedera Otak Mengerikan
Daftar 13 Petarung MMA Meninggal Akibat Cedera Otak Mengerikan/calfkicker
A A A
Daftar petarung MMA meninggal usai bertarung bertambah panjang dengan tewasnya atlet Muay Thay asal Thailand, Phanphet Phadungchai. Petarung MMA Phanphet Phadungchai meninggal akibat mati batang otak setelah terkena pukulan sikut Anthony Durand.

Kematian Phanphet Phadungchai menjadi petarung MMA meninggal ke-13 usai bertarung. Meninggalnya Phadungchai tidak berjarak lama dari Nikhil Suresh yang tewas saat pertarungan kickboxing pada 13 Juli 2022.

Baca Juga: Petarung MMA Meninggal karena Mati Batang Otak usai Dihantam Sikutan Maut

Nikhil Suresh meninggal setelah pertarung MMA berusia 23 tahun itu terkena pukulan di wajahnya hingga membuatnya kolaps di ring. Sejak MMA dikelola badan resmi seperti UFC pada awal tahun 2000-an hingga saat ini tercatat 11 petarung meninggal saat pertarungan. Jumlah itu di luar pertarungan di luar badan resmi termasuk kasus terbaru kematian Nikhil Suresh.

Para petarung MMA meninggal saat bertarung menjadi bukti tingginya risiko kematian tarung bebas MMA termasuk muay thay. Mayoritas penyebab meninggalnya petarung MMA dalam duel resmi karena cedera pendarahan otak akibat pukulan keras berkali-kali. Berikut daftar 13 petarung MMA meninggal setelah bertarung termasuk Nikhil Suresh.

1. Sam Vasquez
Sam Vasquez adalah petarung MMA asal Amerika Serikat yang meninggal akibat menderita cedera otak usai berlaga dalam ajang Renegade Extreme Fighting di Houston, Texas pada 20 Oktober 2007. Vasquez meninggal dalam usia 35 tahun pada 30 November setelah mengalami koma 48 jam. Dia karena kalah KO ronde ketiga.

2. Michael K. Kirkham
Michael Kirkham, petarung MMA asal Amerika Serikat meninggal usai mengalami kekalahan TKO di ajang Dash Entertainment/King MMA di Aiken, South Carolina pada 26 Juni 2010. Kirkham yang berusia 30 tahun kala itu meninggal dua hari setelah pertarungan akibat cedera otak. Dia mengalami trauma kepala setelah dihajar Carlos Iraburo.

3. Tyrone Mims
Tyrone Mims meninggal usai tampil dalam ajang Conflict MMA Fight Night di Mount Pleasant, South Carolina pada 11 Agustus 2012. Mims mengalami kelelahan di ronde 2 dan tidak bisa melanjutkan pertarungan. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan medis, Mims yang berusia 30 tahun disimpulkan meninggal akibat serangan jantung.

4. Booto Guylain
Booto Guylain adalah petarung MMA asal Kongo yang meninggal usai tampil dalam ajang EFC Africa 27 di Johannesburg, Afrika Selatan pada 27 Februari 2014. Dia meninggal 5 Maret 2014 di usia 29 tahun akibat menderita cedera otak saat kalah TKO di ronde 3 dari Keron Davies di Extreme Fighting Championship Africa.

5. Joao Carvalho
Joao Carvalho, petarung asal Portugal yang meninggal usai mengikuti kontestasi MMA Total Extreme Fighting di Dublin, Irlandia pada 9 April 2016. Penyebab kematian Carvalho di usia 28 tahun juga disebabkan cedera otak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1448 seconds (11.210#12.26)