Daftar 13 Petarung MMA Meninggal Akibat Cedera Otak Mengerikan

Kamis, 28 Juli 2022 - 12:00 WIB
loading...
Daftar 13 Petarung MMA Meninggal Akibat Cedera Otak Mengerikan
Daftar 13 Petarung MMA Meninggal Akibat Cedera Otak Mengerikan/calfkicker
A A A
Daftar petarung MMA meninggal usai bertarung bertambah panjang dengan tewasnya atlet Muay Thay asal Thailand, Phanphet Phadungchai. Petarung MMA Phanphet Phadungchai meninggal akibat mati batang otak setelah terkena pukulan sikut Anthony Durand.

Kematian Phanphet Phadungchai menjadi petarung MMA meninggal ke-13 usai bertarung. Meninggalnya Phadungchai tidak berjarak lama dari Nikhil Suresh yang tewas saat pertarungan kickboxing pada 13 Juli 2022.

Baca Juga: Petarung MMA Meninggal karena Mati Batang Otak usai Dihantam Sikutan Maut

Nikhil Suresh meninggal setelah pertarung MMA berusia 23 tahun itu terkena pukulan di wajahnya hingga membuatnya kolaps di ring. Sejak MMA dikelola badan resmi seperti UFC pada awal tahun 2000-an hingga saat ini tercatat 11 petarung meninggal saat pertarungan. Jumlah itu di luar pertarungan di luar badan resmi termasuk kasus terbaru kematian Nikhil Suresh.

Para petarung MMA meninggal saat bertarung menjadi bukti tingginya risiko kematian tarung bebas MMA termasuk muay thay. Mayoritas penyebab meninggalnya petarung MMA dalam duel resmi karena cedera pendarahan otak akibat pukulan keras berkali-kali. Berikut daftar 13 petarung MMA meninggal setelah bertarung termasuk Nikhil Suresh.

1. Sam Vasquez
Sam Vasquez adalah petarung MMA asal Amerika Serikat yang meninggal akibat menderita cedera otak usai berlaga dalam ajang Renegade Extreme Fighting di Houston, Texas pada 20 Oktober 2007. Vasquez meninggal dalam usia 35 tahun pada 30 November setelah mengalami koma 48 jam. Dia karena kalah KO ronde ketiga.

2. Michael K. Kirkham
Michael Kirkham, petarung MMA asal Amerika Serikat meninggal usai mengalami kekalahan TKO di ajang Dash Entertainment/King MMA di Aiken, South Carolina pada 26 Juni 2010. Kirkham yang berusia 30 tahun kala itu meninggal dua hari setelah pertarungan akibat cedera otak. Dia mengalami trauma kepala setelah dihajar Carlos Iraburo.

3. Tyrone Mims
Tyrone Mims meninggal usai tampil dalam ajang Conflict MMA Fight Night di Mount Pleasant, South Carolina pada 11 Agustus 2012. Mims mengalami kelelahan di ronde 2 dan tidak bisa melanjutkan pertarungan. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan medis, Mims yang berusia 30 tahun disimpulkan meninggal akibat serangan jantung.

4. Booto Guylain
Booto Guylain adalah petarung MMA asal Kongo yang meninggal usai tampil dalam ajang EFC Africa 27 di Johannesburg, Afrika Selatan pada 27 Februari 2014. Dia meninggal 5 Maret 2014 di usia 29 tahun akibat menderita cedera otak saat kalah TKO di ronde 3 dari Keron Davies di Extreme Fighting Championship Africa.

5. Joao Carvalho
Joao Carvalho, petarung asal Portugal yang meninggal usai mengikuti kontestasi MMA Total Extreme Fighting di Dublin, Irlandia pada 9 April 2016. Penyebab kematian Carvalho di usia 28 tahun juga disebabkan cedera otak.

6. Donshay White
Donshay White adalah petarung MMA amatir yang meninggal usai bertarung di Lousville, Kentucky, Amerika Serikat, pada 16 Juli 2017. Penyebab kematian Donshay White setelah kalah KO dari Ricky Muse dalam Hardrock MMA 90 disebutkan karena serangan jantung.

7. Rondel Clark
Rondel Clark meninggal di usia 26 tahun saat melawan Ryan Dunn dalam Cage Titans XXXV pada 12 Agustus 2017. Dia kalah TKO di ronde ketiga. Dia meninggal tiga hari setelah pertarungan.

8. Timothy Edward Lee Hague
Tim Hague meninggal pada Minggu (18/6/2017) dua hari setelah mengalami kekalahan KO kejam saat menghadapi Adam Braidwood. Hague meninggal di rumah sakit, setelah mengalami pendarahan otak akibat berkali-kali dihajar oleh Braidwood.

9. Mateus Fernandes
Mateus Fernandes seorang petarung MMA amatir asal Brasil berusia 22 tahun meninggal dunia dalam laga Remulus Fight Night di Manaus, Brasil pada Selasa 2 April 2019. Dalam pertarungan kelas bantam, Fernandes terjatuh terkena sodokan lutut dan kombinasi pukulan dari Obed Pereira dalam pertarungan 30 Maret 2019. Fernandes meninggal beberapa jam kemudian di rumah sakit lokal akibat serangan jantung. Fernandes dikabarkan mengonsumsi doping sebelum bertanding.

10. Saeideh Aletaha
Saeideh Aletaha seorang kickboxer meninggal dunia pada Minggu, (16/11/2019) dalam usia 26 tahun usai pingsan di atas ring. Sun melaporkan bahwa Aletaha mengalami cedera otak saat pertarungan melawan Janie Morgan di seri Fast and Furious di Southampton, Inggris. Dia mengalami cedera di ronde ketiga dan sempat dilarikan ke rumah sakit setempat sebelum meninggal.

Baca Juga: Punya 11 Jari, Danny Garcia Ungguli Jose Benavidez

11.Timur Magdiev
Petarung MMA asal Rusia, Timur Magdiev meninggal setelah mengalami KO brutal dalam MMA Festival, Jumat (28/8/2020). Magdiev yang berbadan besar, di-ko Yuri Kiselov dalam pertarungan di Rostov. Kiselov bahkan hanya membutuhkan satu pukulan untuk membuat tubuh besar Magdiev terkapar.

12. Nikhil Suresh
Nikhil Suresh menjadi petarung MMA meninggal ke-12 setelah mendapat pukulan di wajahnya hingga membuatnya kolaps dalam pertaurngan kickboxing pada Rabu lalu. Nikhil Suresh langsung ambruk tidak bergerak di kanvas setelah terkena pukulan di bagian wajah. Nikhil Suresh langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Sayang, nyawanya tidak tertolong hingga mengembuskan napas terakhir empat hari setelah dirawat di rumah sakit.

13. Phanphet Phadungchai
Petarung Muay Thay Phanphet Phadungchai meninggal akibat mati batang otak setelah terkena pukulan sikut Anthony Durand. Sikutan brutal Anthony Durand ke rahang Phadungchai di ronde kelima dalam pertarungan Muay Thai Fighter X di Thailand pada 15 Juli lalu membuatnya terkapar di lantai.

Kerasnya sikutan Durand membuat kepala Phadungchai membentur ke kanvas dan pingsan. Petarung MMA itu langsung dilarikan ke rumah sakit di Bangkok, Thailand, namun dinyatakan mati batang otak oleh dokter setelah mengalami pendarahan otak.
Phadungchai sempat hidup selama sembilan hari di rumah sakit sebelum meninggal dunia pada akhir pekan.
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1316 seconds (11.97#12.26)