Upacara Pembukaan ASEAN Para Games 2022: Kontingen Indonesia Memukau saat Parade Atlet

Sabtu, 30 Juli 2022 - 20:29 WIB
loading...
Upacara Pembukaan ASEAN Para Games 2022: Kontingen Indonesia Memukau saat Parade Atlet
Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi membuka ajang ASEAN Para Games XI 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam (30/7/2022)/Foto/MPI
A A A
SOLO - Kontingen Indonesia tampil memukau dalam parade upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 . Tepuk tangan meriah pun menggema di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022) malam WIB.

Parade diawali oleh kontingen Brunei Darussalam yang dipimpin oleh salah satu perwakilannya Abdul Kadir. Kemudian, parade atlet dilanjutkan oleh kontingen Kamboja. Menariknya, para kontingen ini didampingi oleh karakter-karakter wayang budaya Indonesia.

Baca juga: Penampilan Artis Awali Upacara Pembukaan ASEAN Para Games 2022

Setelah itu, ada kontingen Laos yang dikawal oleh tokoh wayang Arjuna. Mereka terlihat semringah mengibarkan bendera kebanggaannya sembari berjalan pelan dan melambaikan tangan kepada para hadirin.

Selanjutnya, ada kontingen Malaysia yang dipimpin oleh perwakilannya Muhammad Zikri. Malaysia diketahui mengirim 114 atlet ke ASEAN Para Games, mereka diantar oleh tokoh wayang Bima dan Arjuna.

Baca juga: AFF Respek PSSI Lapor Dugaan Main Mata Vietnam vs Thailand, Ini Respons Manajer Timnas Indonesia

Setelah kontingen Malaysia meninggalkan panggung, giliran kontingen Myanmar menyapa para hadirin. Kontingen Myanmar sendiri mengirim 69 atlet, dan dikawal oleh tokoh wayang lainnya.

Kemudian ada kontingen Filipina yang berjalan pelan dengan atlet dan ofisialnya ASEAN Para Games 2022. Mereka dikawal oleh tokoh wayang Semar dan Bagong. Dilanjutkan dengan kontingen Singapura yang dikawal oleh tokoh wayang Petruk dan Gareng.

Setelah itu, ada kontingen Thailand yang membawa atlet dan ofisialnya, terbesar kedua setelah kontingen Indonesia. Negeri Gajah Putih -julukan Thailand- dikawal oleh tokoh wayang Srikandi dan Mustakaweni.

Giliran tokoh wayang Gatotkaca dan Puntadewa yang mengawal kontingen Timor Leste. Mereka berjalan pelan sembari melambaikan tangan kepada para hadirin. Dilanjutkan dengan kontingen Vietnam.

The Golden Star -julukan Vietnam- diantar oleh dua tokoh wayang, yakni Nakula dan Sadewa. Terakhir, ada kontingen Indonesia yang dipimpin oleh Andy Herman (CdM Indonesia), dan Zaenal Arifin sebagai pembawa bendera Merah-Putih.

Kedatangan kontingen Indonesia disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para penonton yang hadir di Stadion Manahan. Mereka tampil menawan dengan busana khas berwarna Merah dan Putih.

Kedatangan Skuad Garuda dikawal oleh dua tokoh wayang Indonesia yakni Bima dan Arjuna. Penampilan parade kontingen Indonesia sekaligus menutup parade atlet di Upacara Pembukaan ASEAN Para Games 2022.
(sha)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1799 seconds (10.101#12.26)