Muay Thai, Seni Bela Diri yang Efektif untuk Kaum Hawa

Sabtu, 30 Juli 2022 - 22:30 WIB
loading...
Muay Thai, Seni Bela Diri yang Efektif untuk Kaum Hawa
Dua instruktur muay thai profesional Ipung Purwanto dan Suratno sepakat bahwa muay thai sangat efektif bagi wanita/Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Muay Thai merupakan olahraga sekaligus seni bela diri yang praktis terutama bagi wanita. Para kaum hawa tidak perlu belajar bertahun-tahun untuk mampu membela diri dari kejahatan di jalanan.

Dua instruktur muay thai profesional Ipung Purwanto dan Suratno sepakat bahwa muay thai sangat efektif bagi wanita. Bela diri tersebut amat berbeda dengan bela diri lain, seperti pencak silat atau karate.

Baca juuga: Ini Manfaat Unik Muay Thai bagi Wanita: Bikin Hidup Disiplin Hingga Memperlancar Haid

Muay thai merupakan salah satu bela diri yang amat digandrungi masyarakat, terutama wanita. Menurut Ipung, muay thai merupakan bela diri yang amat sederhana.

Ipung mengatakan bahwa tidak perlu kemampuan menghafal gerakan atau jurus tertentu untuk menguasai dasar-dasar muay thai.

Baca juga: Penampilan Artis Awali Upacara Pembukaan ASEAN Para Games 2022

Selain itu, Ipung juga mengatakan bahwa tidak perlu peralatan dan pakaian yang mahal untuk menjalani latihan muay thai. Menurutnya, latihan muay thai hanya perlu mengenakan baju olahraga biasa saja.

“Dia itu bela diri praktis, tak perlu menghapal jurus, dalam arti ya langsung pukul tendang saja. Juga tak harus pakai pakaian tertentu, yang penting baju olahraga,” kata Ipung dalam podcast Aksi Nyata, Sabtu (30/7/2022).

Senada dengan Ipung, Suratno juga sependapat bahwa muay thai merupakan bela diri yang praktis. Menurut pria yang akrab disapa Eno itu, seorang pegiat muay thai hanya memerlukan reflek yang kuat untuk mempelajar teknik dasar muay thai.

Hal itu dinilai mengapa bela diri muay thai amat digandrungi. Sebab para wanita tidak perlu belajar bertahun-tahun untuk membela diri ketika menghadapi kejahatan di luar rumah.

“Bisa dibilang ini sih buat ngilangin stres di rumah yaa praktis banget, soalnya olahraga ini lebih ke refleks, jadi untuk situasi genting ya cukup berguna,” kata Eno menambahkan.

“Terus bisa membuat mental wanita lebih berani, soalnya amat bahaya kan cewek berada di luar sendirian,” pungkas Eno.

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1718 seconds (11.252#12.26)