MotoGP 2022: Gaya Balap Aneh Aleix Espargaro Mampu Jinakkan Motor Aprilia RS-GP 22

Senin, 01 Agustus 2022 - 08:32 WIB
loading...
MotoGP 2022: Gaya Balap Aneh Aleix Espargaro Mampu Jinakkan Motor Aprilia RS-GP 22
Performa apik Aleix Espargaro di MotoGP 2022 menuai kekaguman/Foto/Instagram
A A A
FORLI - Performa apik Aleix Espargaro di MotoGP 2022 menuai kekaguman pembalap WithU RNF Yamaha, Andrea Dovizioso . Espargaro dinilai mampu menguasai motor Aprilia RS-GP 22 dengan gaya balap yang aneh.

Di musim keenamnya dengan Aprilia, Espargaro membuat kejutan pada paruh pertama MotoGP musim 2022 ini. Di luar dugaan, pembalap Aprilia itu tampil gemilang dan melesat menjadi pembalap yang bisa bersaing di papan atas.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Hungaria 2022: George Russell Pole Position

Dari 11 balapan yang telah bergulir, pembalap asal Spanyol itu telah mengemas lima podium dengan raihan satu kemenangan. Dia menjadi yang terbaik di MotoGP Argentina 2022, yang merupakan kemenangan pertama yang diberikannya untuk tim pabrikan yang berbasis di Noale itu.

Performa luar biasa itu pun membawa rider berusia 32 tahun itu sementara duduk di posisi dua klasemen dengan torehan 151 poin. Dia hanya berselisih 21 poin saja dari sang pemuncak klasemen dan juara bertahan, Fabio Quartararo.

Dovizioso, yang menyelesaikan sembilan hari tes dengan Aprilia, pun terpukau dengan penampilan Espargaro pada paruh pertama musim ini. Pasalnya, pembalap asal Spanyol itu mampu menguasai RS-GP 22 dengan gaya balap yang menurutnya cukup aneh.

“Jika Anda melihat bagaimana dia mengemudi, dia sangat mengandalkan roda belakang. Motornya menawarkan cengkeraman yang baik dan dia sangat mengerti bagaimana menghentikannya, dia tidak membuat kesalahan dan tidak membiarkan roda belakang kehilangan traksi selama fase pengereman," kata Espargaro dilansir dari Speedweek, Sabtu (30/7/2022).

“Dia memiliki gaya yang selalu menggunakan tepi ban, baik saat masuk dan keluar tikungan. Selain itu, jika Anda mengikutinya, dia bukan pembalap yang mencoba keluar dari tikungan dengan kencang dan menekan bagian kanan motor untuk menghemat ban atau untuk berakselerasi,” imbuhnya.

“Dia mengemudi dengan sangat kuat dan dia berhasil menahan motornya ketika melebar di tikungan. Metodenya sangat aneh, tetapi berhasil, karena saya pikir begitulah cara kerjanya dengan Aprilia,” tuturnya.
(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2148 seconds (10.55#12.26)