Profil Asnawi Mangkualam, Bintang Timnas Indonesia Pengguncang K-League 2

Rabu, 03 Agustus 2022 - 15:32 WIB
loading...
Profil Asnawi Mangkualam, Bintang Timnas Indonesia Pengguncang K-League 2
Profil Asnawi Mangkualam, Bintang Timnas Indonesia Pengguncang K-League 2. Foto: Goal
A A A
ANSAN - Profil Asnawi Mangkualam pemain Timnas Indonesia yang 3 kali masuk Best XI Liga Korea, K League 2 ada di artikel ini. Asnawi berhasil mencetak gol dalam dua laga beruntun saat mempetkuat Ansan Greeners.

Asnawi mencuri perhatian setelah masik Best XI (skuad terbaik) K League pekan ke-30. Pemain berusia 22 tahun itu sukses terpilih masuk Best XI setelah mencetak gol ke gawang Jeonnam Dragons.

Baca Juga: Cetak Gol Lagi, Asnawi Mangkualam Masuk Tim Terbaik K-League 2

Ini merupakan kali ketiga pemain kelahiran Makassar masuk Best XI Liga Korea. Pertama kali terjadi di pekan kedelapan K-League 2 yang digelar pada 2021 silam. Kala itu, Asnawi mencetak satu assist untuk gol semata wayang Ansan ke gawang Daejeon Citizen.

Kali kedua Asnawi masuk Best XI usai membobol gawang Gimpo Citizen pada Sabtu 24 Juli 2022 silam. Dengan ini, pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu sudah tiga kali terpilih masuk skuad terbaik kasta kedua Liga Korea.

Lantas, seperti apa profil Asnawi Mangkualam?

Dikutip Sportstars.id, Asnawi Mangkualam Bahar lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 4 Oktober 1999. Dia adalah anak sulung dari tiga bersaudara buah cinta pasangan Bahar Muharram dan Fatmawati Rasak.

Karier sepak bola Asnawi Mangkualam diawali dari SSB Hasanuddin FC di Makassar pada 2008. Ketertarikannya pada sepak bola tak terlepas dari sang ayah Bahar Muharram. Bahar adalah salah satu pemain kunci di PSM Makassar.

Enam tahun menimba ilmu di SSB Hasanuddin FC, Asnawi kemudian bergabung dengan PSM Makassar pada 2014 hingga 2015. Setelah itu, dia sempat memperkuat Persibone Bone, sebelum bergabung dengan Tim PON Sulawesi Selatan.

Lepas dari Tim PON Sulawesi Selatan, Asnawi direkrut Perseka Bosowa pada 2016. Barulah pada 2016, Persiba Balikpapan memberinya kontrak profesional. Namun, dia hanya setahun di sana dan kembali ke Makassar.

Debut Asnawi bersama PSM terjadi pada Piala Presiden 2017. Kariernya semakin melesat setelah dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Indonesia 2018-2019. PSM pun dibawanya menjadi juara.

Empat tahun membela PSM Makassar , Asnawi kemudian memberanikan diri merantau ke Korea Selatan bersama Ansan Greeners FC. Dia direkrut jelang musim K-League 2 2021 bergulir.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0884 seconds (10.177#12.26)