Inilah 3 Sosok Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nomor 1 Bomber Jebolan Primavera

Kamis, 04 Agustus 2022 - 21:03 WIB
loading...
Inilah 3 Sosok Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nomor 1 Bomber Jebolan Primavera
Tiga legenda sepak bola Indonesia yang mengabdi sebagai asisten pelatih di Timnas U-16/Foto/Ist
A A A
SLEMAN - Timnas Indonesia U-16 saat ini sedang berlaga dalam ajang Piala AFF U-16 2022 . Terbaru, pada matchday kedua melawan Singapura U-16, Garuda Muda sukses meraih kemenangan keduanya.

Torehan ini membuat Timnas Indonesia U-16 memuncaki klasmen sementara Grup A dengan raihan 6 poin dari 2 pertandingan. Indonesia mengatasi Vietnam yang bertengger di peringkat 2 juga dengan enam poin.

Baca juga: Klasemen Lengkap Piala AFF U-16 2022: Indonesia dan Malaysia Bersaing di Puncak

Melihat Timnas U-16 saat, ada satu hal unik yang mungkin tidak disadari sebagian orang, tepatnya di bagian tim kepelatihan. Tercatat, ada 4 legenda pemain sepak bola Indonesia yang mengabdi sebagai juru latih di Timnas U-16.

Baca juga: Ini Kalkulasi Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2022

Salah satu di antaranya adalah Bima Sakti yang berstatus sebagai pelatih kepala. Dalam menunaikan tugasnya, dia tidak sendirian. Bersamanya ada 3 sosok asisten yang dulunya berprofesi sebagai pemain sepak bola juga.

Berikut 3 asisten pelatih Timnas Indonesia U-16 yang berstatus sebagai mantan pemain sepak bola di Indonesia.

1. Indriyanto Nugroho

Sama halnya dengan Bima Sakti, Indriyanto Nugroho juga merupakan mantan pemain sepak bola profesional Indonesia. Pemain kelahiran Sukoharjo ini pernah bermain untuk tim besar seperti Pelita Jaya, PSIS Semarang, hingga Persik Kediri.

Saat ini, alumni program Primavera PSSI ini menjadi Asisten Pelatih Timnas U-16. Bersama Bima Sakti dan kolega, dia bahu membahu menukangi Timnas U-16 di berbagai ajang yang diikutinya, termasuk Piala AFF U-16 2022 yang sedang berlangsung.

2. Markus Haris Maulana

Markus Haris Maulana adalah mantan kiper andalan Timnas Indonesia. Dikenal dengan nama Markus Horison, pria kelahiran 14 Maret 1981 ini menjadi salah satu asisten Timnas Indonesia U-16. Dalam tugasnya, dia berperan sebagai Pelatih Kiper.

Pada kariernya sebagai pemain sepak bola, Markus pernah membela beberapa tim elite di Indonesia. Sebut saja seperti PSMS Medan, Persik Kediri, hingga Persib Bandung.

Penampilan gemilangnya di klub membuat Markus Horison pernah menjadi penjaga gawang nomor 1 di Indonesia. Dia selalu menjadi andalan Timnas untuk dalam berbagai ajang Internasional yang diikuti.

3. Firmansyah

Satu lagi asisten Timnas Indonesia U-16 adalah Agus Firmansyah. Dia merupakan mantan pemain Timnas Indonesia era 2000-an. Dalam kariernya sebagai pemain sepak bola, namanya dikenal ketika membela Persikota Tangerang.

Selain Persikota, Firmansyah juga pernah tergabung bersama beberapa klub di Indonesia seperti Sriwijaya FC, hingga Deltras Sidoarjo. Di kancah Tim Nasional, dia pernah masuk skuad Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF tahun 2004.

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1659 seconds (11.210#12.26)