Profil Orlando Cruz, Petinju Gay Pertama yang Menggemparkan

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 19:01 WIB
loading...
Profil Orlando Cruz, Petinju Gay Pertama yang Menggemparkan
Profil Orlando Cruz, Petinju Gay Pertama yang Menggemparkan. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Profil Orlando Cruz, petinju gay pertama yang mengaku suka sesama jenis ada di artikel ini. Petinju asal Puerto Rico itu pernah mewakili negaranya di Olimpiade Sydney 2000.

Dikutip dari NBJC, Cruz lahir di Yabucoa, Puerto Rico. Dia mulai bertinju semenjak usia tahun. Pada masa remaja, dia beberapa kali dikeluarkan dari sekolah karena sering berkelahi. Hal ini membuat ibunya lantas mengirim Cruz ke gym tinju untuk belajar disiplin.

Baca Juga: Petinju Gay Ini Akhirnya Nikahi Pacar Sesama Jenisnya

Beranjak dewasa, Orlando Cruz menjadi petinju amatir. Dalam kariernya sebagai amatir, dia menyelesaikan sekitar 189 pertandingan. Performa apik yang dimilikinya membuat Cruz terpilih sebagai wakil tim tinju Puerto Rico di Olimpiade Musim Panas Sydney, Australia.

Setelahnya, Orlando Cruz beralih menjadi petinju profesional. Dia menjalani debutnya pada 15 Desember 2000 melawan Alfredo Valdez. Sekitar 9 tahun lamanya, Cruz tidak pernah kalah dalam pertandingan.

Kekalahan pertamanya terjadi saat dirinya bertarung dengan Cornelius Lock pada 19 September 2009. Dalam riwayat karier tinjunya, Cruz pernah membuat pernyataan yang cukup mengejutkan publik.

Pada 4 Oktober 2012, Orlando Cruz menjadi petinju pertama di dunia yang menyatakan dirinya sebagai seorang gay. Dikutip dari Daily Mail, petinju kelas bulu ini menyadari bahwa dirinya seorang homo saat berusia 19 tahun.

Awalnya, Cruz sempat merahasiakan identitasnya ini. Dia mulai membuka rahasianya kepada keluarga dan rekan dekatnya pada 2010. Dua tahun berselang, dia membuka kebenaran atas dirinya kepada publik yang membuat gempar dunia olahraga tinju.

Dalam salah satu pengakuannya, meskipun memiliki seorang kekasih wanita pada tahun 2000, namun dia mengklaim melakukan hubungan seksual pertamanya dengan seorang pria saat berusia 19 tahun.

Sebelum mengatakan kebenarannya ke publik, petinju Puerto Rico ini sempat mengunjungi psikolog. Selain itu, dia juga mendapat dukungan penuh dari keluarga, pelatih, hingga manajernya.

Sepanjang karier profesionalnya sebagai petinju, Orlando Cruz memiliki rekor 25 kemenangan, 6 kekalahan, dan 1 seri.

Nama: Orlando Cruz
Julukan: El Fenomeno
Kelahiran: Yabucoa, Puerto Rico, 1 Juli 1981
Kelas: Lightweight
Rekor:
Pertarungan: 34
Kemenangan: 25
Menang KO: 13
Kalah: 7
Imbang: 2
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1043 seconds (11.252#12.26)