MotoGP Austria 2022: Tantangan Chicane Baru di Sirkuit Red Bull Ring

Selasa, 16 Agustus 2022 - 14:01 WIB
loading...
MotoGP Austria 2022: Tantangan Chicane Baru di Sirkuit Red Bull Ring
Jelang MotoGP Austria 2022, Sirkuit Red Bull Ring mengalami perubahan layout pada tikungan 2 dengan ditambah chicane /Foto/rebullring.com
A A A
SPIELBERG - Jelang MotoGP Austria 2022 , Sirkuit Red Bull Ring mengalami perubahan layout pada tikungan 2 dengan ditambah chicane atau tikungan berbentuk S. Para pembalap, Miguel Oliveira hingga Fabio Quartararo , menanggapi perubahan layout tersebut.

Perubahan layout di sirkuit tersebut dibuat demi keselamatan para pembalap. Pasalnya, trek lurus di sektor tikungan 2 akan membuat pembalap mengeluarkan top speed-nya sehingga memicu risiko kecelakaan saat ingin masuk ke tikungan 3.

Baca juga: Jack Miller Sanjung Enea Bastianini: Gaya Balapnya Aneh tapi Efektif

Maka dari itulah dipangkas trek lurus tersebut dengan ditambah chicane. Guna meredam kecepatan yang dilakukan pembalap.

Memang perubahan tersebut tentu menjadi untung rugi untuk masing-masing pembalap. Seperti Ducati contohnya yang punya motor super kencang pada musim ini.

Baca juga: MotoGP Malaysia 2022 Sepi Peminat, Tiket Belum Terjual 50 Persen

Namun begitu, tak sedikit pula pembalap yang menyambut baik chicane baru tersebut. Seperti misalnya pembalap Red Bull KTM, Oliveira, dan rider Aprilia, Aleix Espargaro. Keduanya merasa chicane tersebut bagus untuk keselamatan pembalap.

“Kombinasi tikungan persis seperti yang kami minta oleh para pembalap. Kami ingin banyak memperlambat ke Tikungan 3 dan chicane adalah cara terbaik untuk melakukannya,” kata Oliveira, dilansir dari Speedweek, Selasa (16/8/2022).

“Tidak terlihat buruk, lintasannya jauh lebih berbahaya sebelumnya. Dalam hal keamanan, konversi berjalan ke arah yang benar. Tapi pada akhirnya kami hanya bisa menilai situasi di lokasi, dari kejauhan selalu sulit untuk menilai hal seperti ini,” sahut Espargaro.

Disisi lain, Enea Bastianini dan Quartararo juga memberi penilaiannya juga. Keduanya menilai kalau chicane baru tersebut akan menjadi tantangan sulit karena harus mengurangi top speed. Walaupun memang sangat baik untuk keselamatan.

“Saya menemukan chicane sangat sulit untuk digunakan, tetapi kami harus mengujinya terlebih dahulu. Lintasan pasti akan terlalu pendek untuk kami,” ucap Bastianini.

“Karena tikungan 3 adalah tikungan di mana saya selalu mengerem sangat terlambat. Bagaimanapun, chicane meningkatkan keselamatan,” tandas Quartararo.

Sementara itu, MotoGP Austria akan berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring pada Minggu (21/8/2022). Para pembalap akan menjajal tantangan baru di sirkuit tersebut. Jadi, menarik untuk disimak apakah mereka mampu menaklukkan tantangan baru tersebut.
(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1597 seconds (11.210#12.26)