Federasi Sepak Bola India Dibekukan FIFA, Potensi Untungkan PSM Makassar di AFC Cup 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 - 23:59 WIB
loading...
Federasi Sepak Bola India Dibekukan FIFA, Potensi Untungkan PSM Makassar di AFC Cup 2022
PSM Makassar saat ini masih berkompetisi di AFC Cup 2022/Foto/Twitter
A A A
ZURICH - FIFA telah membekukan aktivitas Federasi Sepak Bola India (AIFF). AIFF dinilai melanggar statuta FIFA yang mengatur para pemangku jabatan di federasi harus terbebas dari politik dan hukum. Sanksi bagi AIFF ini akan menguntungkan PSM Makassar jika lolos ke semifinal Inter-Zona AFC Cup 2022.

PSM Makassar saat ini masih berkompetisi di AFC Cup 2022 . Juku Eja -julukan PSM Makassar- lolos ke final AFC Cup Zona ASEAN 2022, setelah mengalahkan Kedah Darul Aman (2-1) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali pada Selasa (9/8/2022).

Baca juga: Klasemen Liga Inggris, Selasa (16/8/2022): Liverpool Melorot ke Zona Medioker

Lolos ke final, pasukan Bernardo Tavares akan bersua dengan klub Malaysia lainnya, Kuala Lumpur City FC. Kedua tim akan berhadapan pada final AFC Cup Zona ASEAN 2022 di KLFA Stadium, Malaysia pada Rabu (24/8/2022) mendatang.

Andai Juku Eja berhasil mengalahkan Kuala Lumpur City FC, mereka akan berhadapan dengan ATK Mohun Bagan, klub asal India di semifinal Inter-Zona AFC Cup 2022. Namun demikian, dengan adanya pembekuan AIFF oleh FIFA, ATK Mohun Bagan otomatis tersingkir dari perhelatan AFC Cup 2022.

Baca juga: Hasil Liverpool vs Crystal Palace: The Reds Ditahan Imbang, Darwin Nunez Bikin Ulah

Oleh sebab itu, PSM Makassar bisa ‘kecipratan; untung dari pembekuan yang dilakukan oleh FIFA. Jika menang dari Kuala Lumpur City FC, tim besutan Bernardo Tavares bisa saja langsung lolos ke final Inter-Zona AFC Cup 2022.

Di partai itu, ada dua klub yang berkesempatan menjadi calon lawan, yang salah satunya sudah dikonfirmasi yakni klub asal Hongkong, Eastern Sports Club. Pemenang dari final Inter-Zona akan berlaga di partai pamungkas, AFC Cup Final 2022.

Sementara itu, belum diketahui kapan pembekuan AIFF oleh FIFA akan dicabut. Dalam keterangan resminya, FIFA mengatakan akan mencabut sanksi itu ketika AIFF sudah menyelesaikan masalah internalnya.

“Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF,” tulis keterangan FIFA, Selasa (16/8/2022).

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1636 seconds (11.210#12.26)