MotoGP Austria 2022: Aleix Espargaro Keluhkan Chicane Baru

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 18:00 WIB
loading...
MotoGP Austria 2022: Aleix Espargaro Keluhkan Chicane Baru
Aleix Espargaro terlempar dari 10 besar menurut waktu gabungan latihan bebas (FP 1-2) MotoGP Austria 2022. Dia berkilah itu akibat tikungan S (chicane) baru. Foto: Motorcycle Sports
A A A
SPIELBERG - Aleix Espargaro terlempar dari 10 besar menurut waktu gabungan latihan bebas (FP 1-2) MotoGP Austria 2022. Dia berkilah salah satu penyebabnya karena tak bisa menyesuaikan dengan tikungan S (chicane) baru.



Aleix hanya finis di peringkat 11 selama mengaspal di Sirkuit Red Bull Ring, Jumat (19/8/2022). Pembalap Aprilia Racing berada jauh di belakang wakil Ducati yang mendominasi delapan besar.

Selama sesi, Aleix mengaku kebingungan melewati chicane baru yang berada di antara tikungan 2 dan 3. Beberapa kali menggunakan cara berbeda, tapi tetap tidak bisa mendapatkan apa yang diharapkan.

“Saya tidak menyukainya sama sekali dan saya melakukannya dengan sangat buruk, bahkan jika mereka melakukan pekerjaan dengan baik dan gripnya tak jauh beda,” ucap Aleix dikutip laman Corsedimoto.

“Saya mencoba melewati chicane dengan tiga gigi berbeda. Di tengah sesi, saya bertanya kepada teknisi yang ada di trek di mana saya perlu mengerem," lanjutnya.

Meski begitu, Aleix menyatakan akan bisa mencapai performa terbaiknya di seri ke-13 MotoGP 2022 itu jika sudah memahami karakter chicane. Hal itu berdasarkan pantauannya dari rekan setimnya Maverick Vinales.

"Sayangnya saya tidak bagus di level mengemudi, saya tidak bisa mengerti. Terkadang Anda mengambilnya dengan cepat dan di lain waktu Anda membutuhkan lebih banyak putaran,” lanjutnya.

Vinales menutup hari pertama latihan bebas di posisi kesembilan. Berdasarkan data statistik, RS-GP miliknya terbukti berguna untuk menghadapi chicane baru di di Sirkuit Red Bull Ring.

“Jika saya berkembang di sini, saya bisa dengan mudah menjadi yang pertama. (Maverick) melewati chicane lebih baik dari saya dan sedikit menderita di sektor yang lebih normal seperti 3 dan 4,” pungkasnya.

Chicane baru Sirkuit Red Bull Ring terletak di trek lurus di antara tikungan kedua dan ketiga. Fungsinya adalah sebagai alternatif bagi pembalap untuk menghambat motornya sebelum tikungan berikutnya.



Sebelumnya, trek lurus yang ada membuat pembalap melaju terlalu kencang. Itu membuat banyak yang telat mengerem jelang tikungan 3, dan melebar atau mengalami kecelakaan.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)