MotoGP Resmi Umumkan Sprint Race di Musim 2023

Minggu, 21 Agustus 2022 - 04:03 WIB
loading...
MotoGP Resmi Umumkan Sprint Race di Musim 2023
Format sprint race pada MotoGP 2023 resmi diumumkan setelah Jorge Viegas (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Carmelo Ezpeleta (Dorna Sports) menggelar pertemuan / Foto: MotoGP
A A A
SPIELBERG - Format sprint race pada MotoGP 2023 resmi diumumkan setelah Jorge Viegas (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Carmelo Ezpeleta (Dorna Sports) menggelar pertemuan. Dalam keterangan resmi MotoGP, Sabtu (20/8/2022), balapan sprint race akan berlangsung setiap pekan sebelum balapan resmi MotoGP.

"Balapan sprint kelas MotoGP akan hadir di setiap akhir pekan Grand Prix di tahun 2023! Era baru muncul di cakrawala!," tulis keterangan resmi MotoGP di Instagram resminya (@motogp), Sabtu (20/8/2022).

Melansir beberapa informasi awal dari Paddock GP, Sabtu (20/8/2022), balapan sprint race ini tidak akan berpengaruh pada grid awal balapan resmi. Balapan sprint race ini juga akan menggantikan format latihan bebas keempat (FP4).

BACA JUGA: Hasil FP3 MotoGP Austria 2022: Johann Zarco Asapi Fabio Quartararo

Kemudian, yang menarik, balapan sprint race akan memberikan setengah dari poin di Grand Prix. Artinya, para pembalap bisa menggunakan kesempatan balapan setengah jarak ini untuk mendulang poin di musim 2023.

Format balapan sprint race ini memang terinspirasi dari ajang Formula One (F1) GP. Namun demikian, di F1 GP, balapan sprint race hanya berlangsung dalam tiga seri balapan, yakni di Sirkuit Imola, Red Bull Ring, dan Interlagos.

BACA JUGA: MotoGP Austria 2022: Aleix Espargaro Keluhkan Chicane Baru

Sementara itu, format balapan sprint race sejatinya menuai pro-kontra dari para pembalap MotoGP. Pihak penyelenggara dikabarkan tidak melakukan diskusi dengan para pembalap mengenai hal ini.

Fabio Quartararo (Yamaha Monster Energy) menyebut format ini hanya memberatkan para pembalap. Sementara, Maverick Vinales (Aprilia Racing), dan Joan Mir (Suzuki Ecstar) setuju dengan adanya format balapan sprint race.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)