Profil Zhao Yunlei, Ratu Bulu Tangkis China Pemilik Medali Terbanyak di Kejuaraan Dunia

Rabu, 24 Agustus 2022 - 20:01 WIB
loading...
Profil Zhao Yunlei, Ratu Bulu Tangkis China Pemilik Medali Terbanyak di Kejuaraan Dunia
Pebulu tangkis China, Zhao Yunlei, peraih gelar terbanyak di Kejuaraan Dunia untuk nomor ganda. Foto: REUTERS/Peter Cziborra
A A A
JAKARTA - China memiliki sederetan pemain bulu tangkis spesialis ganda yang hebat. Salah satunya adalah Zhao Yunlei yang tercatat memiliki gelar Kejuaraan Dunia terbanyak.

Prestasi Zhao Yunlei boleh dibilang mengkilap di eranya. Sepanjang kariernya Zhao Yunlei sebagai salah satu pemain paling sukses yang pernah ada di bumi. Dia pun berhasil mendapatkan puluhan gelar.

Menariknya, Zhao juga mampu bermain di dua sektor sekaligus. Dia tetap tangguh, baik saat bermain di nomor ganda putri maupun ganda campuran, dengan pasangan yang berbeda-beda pula.

Baca Juga: Zhao Yunlei Spesialis Ganda Paling Sukses di Jagat Bulu Tangkis

Salah satu prestasinya yang paling terlihat adalah lima kemenangan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis. Selain itu, dia juga menjadi pemilik medali terbanyak di Kejuaraan Dunia, dengan torehan 10 medali
Dia pertama kalinya dinobatkan sebagai Juara Dunia lewat nomor ganda campuran pada 2011.

Setelah tiga tahun berselang, Zhao Yunlei kembali meraih medali emas lewat dua nomor, yakni ganda campuran dan ganda putri pada Kejuaraan Dunia 2014.

Pada Kejuaraan Dunia 2015 di Jakarta, Zhao juga menjadi pemain kompetisi paling sukses, memenangkan medali ke-10 untuk menyalip jumlah sembilan rekan senegaranya, Gao Ling.

Zhao memiliki satu set lengkap medali Kejuaraan Dunia. Selain memenangkan lima emas pada 2011, 2014 dan 2015, dia juga punya dua medali perak dari edisi 2009 dan 2011, serta tiga perunggu pada 2010 dan 2013.

Selain itu, dia juga tercatat sukses merengkuh dua medali emas Olimpiade . Di Olimpiade London 2012, Zhao meraih medali emas di nomor ganda putri dan nomor ganda campuran.

Seakan belum cukup, empat tahun kemudian pebulu tangkis wanita itu menggondol medali perunggu untuk nomor ganda campuran. Torehan itu diraih kala sang pemain mengikuti edisi Rio 2016.

Baca pembahasan mengenai Kejuaraan Dunia BWF selengkapnya di iNews.id melalui link berikut https://www.inews.id/tag/bwc-2022
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1280 seconds (10.101#12.26)