5 Klub Sepak Bola Dunia Berunsur Polisi, Salah Satunya Juara di Indonesia

Kamis, 25 Agustus 2022 - 22:02 WIB
loading...
5 Klub Sepak Bola Dunia Berunsur Polisi, Salah Satunya Juara di Indonesia
Pesepak bola Bhayangkara FC Muhammad Hargianto (kanan) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol kegawang Persikabo 1973. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
A A A
JAKARTA - Klub sepak bola yang lahir dari institusi kepolisian bukan cuma Bhayangkara FC . Sebelumnya, kita mengenal beberapa klub sukses yang berasal dari angkatan bersenjata seperti Army United (Thailand), Warriors FC (Singapura) dan Philippine Army GTI (Filipina).

Di Indonesia sendiri, campur tangan militer dan institusi kepolisian tidak pernah bisa lepas dari sepak bola. Pemerhati sepak bola nasional tentu tidak asing dengan klub seperti PSAD (Persatuan Sepak bola Angkatan Darat), PSAU (Persatuan Sepak bola Angkatan Udara) dan PSAL (Persatuan Sepak bola Angkatan Laut).

Baca Juga: Suporter PSM Makassar Terluka Diserang Fans Kuala Lumpur City

Teranyar, sepak bola nasional kasta teratas memberi panggung buat PS TNI dan PS Polri, hingga kedua nama klub tersebut marger dengan klub lain. PS TNI berevolusi menjadi PS Tira yang kemudian bergabung dengan Persikabo menjadi Tira Persikabo. Sedangkan PS Polri bergabung dengan Surabaya United yang kelak berubah nama menjadi Bhayangkara FC.

Terlepas dari segala kontroversi yang mendera eksistensi klub sepak bola militer dan kepolisian, berikut SINDOnews merangkum lima klub sepak bola yang punya latar belakang institusi kepolisian.

1. Home United (Singapura)
5 Klub Sepak Bola Dunia Berunsur Polisi, Salah Satunya Juara di Indonesia

Cikal bakal Home United berawal dari The Police Sports Association (Police SA) yang dibentuk pada pertengahan tahun 1940-an. Setelah dua dekade berkompetisi, barulah pada tahun 1968, Police SA berhasil meraih gelar juara Piala Presiden untuk pertama kalinya.

Seiring berjalannya waktu, Police FC berganti nama menjadi Home United dengan markas di Bishan Stadium. Uniknya, klub tersebut kemudian tidak menjadi 'milik' polisi saja, melainkan merekrut pemain dari Departemen Dalam Negeri Singapura, Imigrasi, dan Pos Pemeriksaan.

Perubahan nama ternyata membuat Home United semakin berprestasi. Tercatat, Home United sudah dua kali meraih gelar juara S.League (1999, 2003) dan mencetak rekor 6 kali juara Piala Singapura.

2. Atletico Policial (Argentina)
5 Klub Sepak Bola Dunia Berunsur Polisi, Salah Satunya Juara di Indonesia

Kampung halaman Lionel Messi di Argentina juga punya klub sepak bola berunsur kepolisian yakni Club Atletico Policial. Mereka bermarkas di Estadio Bicentenario Ciudad de Catamarca akan tetapi cuma bermain di Divisi 4 regional.

Awalnya, Club Atletico Policial merupakan sebuah organisasi olahraga yang dibentuk di San Fernando del Valle de Catamarca, 31 Maret 1945. Ternyata ide untuk membentuk klub mendapat sambutan positif dari Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1728 seconds (11.252#12.26)