F1 GP Belgia 2022: 6 Pembalap Kena Hukuman, Verstappen-Leclerc Start dari Barisan Belakang

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 22:34 WIB
loading...
F1 GP Belgia 2022: 6 Pembalap Kena Hukuman, Verstappen-Leclerc Start dari Barisan Belakang
Max Verstappen (kanan) dan Charles Leclerc kena hukuman di F1 GP Belgia 2022/Foto/formula1.com
A A A
STAVELOT - Enam pembalap mengalami nasib sial pada Formula 1 (F1) GP Belgia 2022 . Mereka terkena penalti grid pada balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (28/8/2022) akibat mobil mereka melebihi alokasi unit daya yang telah ditentukan.

Dua pembalap klasemen teratas F1 2022, Max Verstappen (Red Bull Racing) dan Charles Leclerc (Ferrari), termasuk yang dihukum. Selain mereka, Lando Norris, Esteban Ocon, Valetteri Bottas dan Mick Schumacher juga akan memulai balapan dari barisan belakang .



Alhasil, setelah Latihan Bebas 1 digelar pada Jumat (26/8/2022) malam WIB, FIA mengonfirmasi bahwa keenam pembalap tersebut mendapat hukuman grid. Mereka pun tak dapat berkelit dari penalti tersebut.

“Max Verstappen, Charles Leclerc, Lando Norris, Esteban Ocon, Valtteri Bottas dan Mick Schumacher semuanya akan start dari barisan belakang pada hari Minggu menyusul perubahan elemen unit daya pada mobil mereka,” tulis pernyataan F1 di Instagam resmi mereka, @f1, Jumat (26/8/2022).



Ferrari memang memilih untuk mengubah komponen unit daya pada mobil Leclerc untuk memperkenalkan peningkatan hybrid terbaru. Dan Spa dipilih karena tata letak yang memungkinannya untuk banyak menyalip.

Itu berarti, pembalap asal Monaco tersebut sudah dua kali mendapat penalti grid musim ini. Sebelumnya, dia menerima hukuman yang sama pada balapan GP Kanada 2022 di mana dia akhirnya bisa finis di urutan kelima.

Sementara itu, ini adalah penalti grid pertama bagi Verstappen. Nantinya, posisi keenam pembalap yang terkena hukuman tersebut di barisan belakang bakal ditentukan dari hasil kualifikasi esok hari.

Sebagai informasi, pada Latihan Bebas 1 hari ini, Ferrari tampil sangat dominan dengan Carlos Sainz Jr dan Leclerc mengamankan posisi dua teratas. Sedangkan Verstappen ada di posisi ketiga dan Lewis Hamilton hanya bisa berada di tempat kesembilan saja.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)