4 Petinju Tak Pernah Kalah Sepanjang Karier Tinju Profesional

Rabu, 31 Agustus 2022 - 12:39 WIB
loading...
4 Petinju Tak Pernah Kalah Sepanjang Karier Tinju Profesional
4 Petinju Tak Pernah Kalah Sepanjang Karier Tinju Profesional/
A A A
Empat petinju tak pernah kalah sepanjang karier tinju profesional dibahas dalam artikel ini. Sejumlah petinju tercatat tidak pernah kalah di sepanjang karier tinju profesional hingga pensiun atau meninggal.

Nama-nama petinju legendaris seperti Rocky Marciano hingga Floyd Mayweather Jr tercatat tidak sekalipun tersentuh kekalahan di ring tinju profesional. Berikut 4 petinju tak pernah kalah sepanjang karier tinju profesional.

Baca Juga: Duel Tyson Fury vs Oleksandr Usyk Ibarat Final Piala Dunia Tinju

1. Rocky Marciano 49-0-0
Rocky Marciano bergabung dengan daftar petinju langka yang mengakhiri karier mereka tanpa terkalahkan. Petinju kelas berat ini bertarung secara profesional dari tahun 1947 hingga 1955 dan dinobatkan sebagai juara pada tahun 1952.

Kemenangan Marciano yang paling menonjol saat melawan Ezzard Charles, Joe Walcott, Joe Louis dan Archie Moore. Dijuluki The Rock dari Brockton, ia berhasil mempertahankan sabuknya enam kali sebelum gantung sarung tinju di usia 32 tahun.

2. Joe Calzaghe 46-0-0
Joe Calzaghe memiliki rekor impresif dengan mengakhiri kariernya sebagai petinju tak terkalahkan 46-0. Rekor petinju yang bertarung di kelas menengah super ini semakin lengkap dengan 32 kemenangan KO.

Joe Calzaghe dikenal sebagai petinju kidal dengan gaya tenang tapi memiliki pukulan mematikan. Kemenangan mengesankan diperoleh Calzaghe ketika menghancurkan dua petinju hebat Bernard Hopkins dan Roy Jones Jr. Calzaghe dua kali terjatuh di ronde pertama saat melawan Jones Jr dan Hopkins tapi mampu membalikkan keadaan untuk menang. Petinju tenar lainnya yang dikalahkan Calzaghe adalah Chris Eubank dan Mikkel Kessler.

3. Andre Ward 32-0-0
Andre Ward mengejutkan dunia tinju ketika dia mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga pada tahun 2017. Baru berusia 33 tahun, Ward pensiun. ''Saya ingin menjadi jelas – saya pergi karena tubuh saya tidak lagi tahan dengan kerasnya olahraga dan oleh karena itu keinginan saya untuk bertarung tidak lagi ada.''

Ward bertarung selama 13 tahun di kelas super menengah dan kelas berat ringan, memenangkan gelar dunia di kedua kelas. Dua pertarungan terakhirnya terjadi melawan Sergey Kovalev, yang dia kalahkan dua kali untuk mempertahankan gelar kelas berat ringan WBA, IBF dan WBO-nya.

Baca Juga: Ranking BWF Hendra/Ahsan Ancam Marcus/Kevin, Anthony Tembus 5 Dunia

4. Floyd Mayweather Jr 50-0-0
Floyd Mayweather Jr adalah satu dari hanya 15 petinju dalam sejarah yang mundur dari olahraga ini dengan rekor tak terkalahkan. Mayweather berkompetisi di lima divisi berat yang berbeda, memenangkan 15 gelar utama sepanjang kariernya.

Dia juga memegang rekor sempurna 50-0 Dijuluki Money, Mayweather sering disebut sebagai petinju defensif terhebat sepanjang masa. Dari tahun 1996 hingga 2017, Mayweather melawan beberapa pesohor olahraga seperti Oscar De La Hoya, Manny Pacquiao, Saul Canelo Alvarez, Miguel Cotto dan Juan Manuel Marquez. Dia menggantung sarung tinju sebagai petinju profesional setelah mengalahkan bintang UFC Conor McGregor dalam pertarungan crossover yang menguntungkan.
(aww)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3747 seconds (10.55#12.26)