4 Rekor Muhammad Ali yang Mengguncang Jagat Tinju

Kamis, 01 September 2022 - 14:18 WIB
loading...
4 Rekor Muhammad Ali yang Mengguncang Jagat Tinju
3 Rekor Muhammad Ali yang Mengguncang Jagat Tinju/The Sun
A A A
Empat rekor Muhammad Ali yang mengguncang jagat tinju dan dikenang sepanjang masa. Muhammad Ali dikenal sebagai petinju, dermawan dan aktivis sosial yang secara universal dianggap sebagai salah satu atlet terbesar abad ke-20.

Sejumlah prestasi mencengangkan ditorehkan Muhammad Ali di sepanjang kariernya. Berikut 4 rekor Muhammad Ali yang mengguncang jagat tinju.

Baca Juga: Penyesalan Tyson Fury: Tiduri 500 wanita, Hubungan Intim sebelum Nikah

1. Peraih emas Olimpiade
Muhammad Ali petinju peraih medali emas Olimpiade Roma 1960. Tidak semua juara dunia tinju mampu meraih medali emas Olimpiade. Namun, Muhammad Ali mampu mengukir medali emas saat berlaga di Olimpiade Roma.

Setelah memenangkan tiga pertarungan pertamanya di babak penyisihan, Muhammad Ali mengalahkan Zbigniew Pietrzkowski dari Polandia untuk memenangkan medali emas Olimpiade kelas berat ringan.

2. Petinju Pertama 3 Kali Juara Dunia Kelas Berat
Muhammad Ali menjadi petinju pertama yang memenangkan sabuk juara dunia kelas berat pada tiga kesempatan terpisah. Muhammad Ali mencatat rekor sebagai petinju pertama yang melakukannya saat juara dunia kelas berat pada tahun 1964, 1974, dan 1978.

Muhammad Ali pertama kali juara dunia kelas berat saat mengalahkan Sonny Liston pada tahun 1964. Muhammad Ali menjadi juara dunia kelas berat untuk kali kedua setelah mengalahkan George Foreman yang tidak terkalahkan pada 1974.

Setelah kehilangan gelarnya dari Leon Spinks pada Februari 1978, Ali mengalahkannya dalam pertandingan ulang September 1978 untuk menjadi petinju pertama yang memenangkan kejuaraan kelas berat tiga kali.

Muhammad Ali mempertahankan gelar ini sebanyak 19 kali dan memiliki rekor bertinju 56-5 selama berkarier. Ali memiliki rekor karir 56 kemenangan, lima kekalahan dan 37 KO sebelum pensiun dari tinju pada 1981 pada usia 39 tahun. Muhammad Ali mendapat julukan The Greatest yang tidak bisa disamai petinju mana pun.

Baca Juga: 5 Petinju Paling Sering Kalah, Salah Satunya sampai 279 Kali Keok

3. Petinju Paling Banyak Jadi Sampul Sports Illustrated
Muhammad Ali menjadi petinju pertama yang paling sering muncul di sampul majalah Sports Illustrated. Tercatat sebanyak 38 kali Muhammad Ali menjadi sampul majalah Sports Illustrated, kedua terbanyak setelah pebasket Michael Jordan.

4. Petinju Peraih Medali Bergengsi
Didiagnosis dengan penyakit Parkinson pada tahun 1984, Ali mencurahkan sebagian besar waktunya untuk filantropi, mendapatkan Presidential Medal of Freedom pada tahun 2005.
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1382 seconds (10.177#12.26)