Biodata Sandy Walsh, Pemain Keturunan Indonesia di Liga Belgia yang Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Jum'at, 02 September 2022 - 22:00 WIB
loading...
Biodata Sandy Walsh, Pemain Keturunan Indonesia di Liga Belgia yang Dinaturalisasi Timnas Indonesia
Sandy Walsh dikenal sebagai pemain sepak bola profesional asal Belanda yang memilii darah Indonesia. Dia lahir pada 14 Maret 1995 di Belgia. Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Sandy Walsh dikenal sebagai pemain sepak bola profesional asal Belanda yang memilii darah Indonesia. Dia lahir pada 14 Maret 1995 di Belgia.

Keturunan Indonesia ini dia dapatkan dari ibunya, Brigitta Portier yang merupakan kelahiran Swiss-Belanda. Sedangkan ayahnya, Gary Walsh merupakan keturunan dari Irlandia, kelahiran Inggris.



Pemain berusia 27 tahun ini memiliki segudang pengalaman, salah satu adalah pengalaman bermain pada ajang kompetisi Eropa. Kebanyakan orang dimasa mudanya sering menghabiskan waktu dengan teman-temannya, dia justru kebalikannya.

Sandy Walsh malah menghabiskan waktu mudanya untuk bisa mengasah skillnya dengan ikut bergabung di tim junior Tempo Overijse dan Erc Hoeilaart hingga pada akhirnya di tahun 2003, dia bergabung dengan Anderlecht.

Namun, baru-baru ini Sandy Walsh dikabarkan akan mengikuti Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 8-14 Juni di Kiwait dan akan ikut mendukung Indonesia.

Kendati demikian, ternyata nyata Sandy Walsh akan sulit untuk bisa bermain bersama dengan Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam waktu dekat ini.

Sebab, ketika pemain sepak bola dari luar negeri ingin bergabung di Timnas dipastikan harus bisa naturalisasi atau berganti warga negara.

Itu sebabnya, selama hadir Jakarta, dia akan mengunjungi kedutaan besar terkait dan melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit.

Proses naturalisasi Sandy Walsh pada akhirnya disetuji Komisi X DPR dalam keputusan rapat kerja dengan Menpora Zainudin Amali dan PSSI di Gedung DPR.



Naturalisasi yang didapat Sandy Walsh hanyalah solusi jangka pendek saja. PSSI juga tidak akan berencana untuk naturalisasi pemain lagi. (MG/ Nabillah Amanda Rahmawaty)
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)