Hasil Kualifikasi F1 GP Belanda 2022: Max Verstappen Raih Pole Position

Sabtu, 03 September 2022 - 21:25 WIB
loading...
Hasil Kualifikasi F1 GP Belanda 2022: Max Verstappen Raih Pole Position
Max Verstappen sukses meraih pole position pada kualifikasi jelang GP Belanda 2022 di Sirkuit Zandvoort, Sabtu (3/9/2022) malam WIB. Pilot jet darat Red Bull Racing tersebut menorehkan waktu tercepat 1 menit 10,342 detik / Foto: Formula 1
A A A
ZANDVOORT - Max Verstappen sukses meraih pole position pada kualifikasi jelang GP Belanda 2022 di Sirkuit Zandvoort, Sabtu (3/9/2022) malam WIB. Pilot jet darat Red Bull Racing tersebut menorehkan waktu tercepat 1 menit 10,342 detik.

Red Bull, Ferrari, dan Mercedes kembali mengawali jalannya babak kualifikasi dengan sangat baik. Max Verstappen pun berhasil menunjukan kemampuan terbaiknya dengan catatan waktu 1 menit 11,317 detik, dan dibayang-bayangi oleh George Russell dan Lewis Hamilton.

Charles Leclerc yang sempat tercecer di awal sesi kualifikasi kembali menunjukan kemampuan yang baik untuk bisa menjadi pembalap teratas. Namun driver Monako tersebut hanya mampu berada di posisi kedua dengan selisih 0,1 detik dari Verstappen .

BACA JUGA: Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2022: Jack Miller Rebut Pole Position

Hingga akhir Q1, posisi Verstappen masih belum dapat dikalahkan oleh pembalap lain. Lima pembalap terbelakang pun harus tereliminasi dari Q1, mereka adalah Valtteri Bottas, Kevin Magnussen, Daniel Ricciardo, Sebastian Vettel, dan Nicholas Latifi.

Namun red Flag pun dikibarkan sejak awal Q2 setelah para penonton yang hadir menyalahkan flare oranye dan banyaknya burung merpati di sekitar lintasan. Demi keselamatan pengendara, sesi Q2 pun diundur selama lima menit.

Setelah kembali dilanjutkan, Verstappen kembali menunjukan dominasinya dengan mencatatkan waktu selama 1 menit 10,927 detik. Sementara itu, Sergio Perez berada di belakangnya disusul oleh Alex Albon.

Mercedes kembali mencoba untuk meruntuhkan dominasi dari Red Bull. Hasilnya, Lewis Hamilton berada di posisi kedua dengan selisih 0,1 detik dari Verstappen sedangkan George Russell berada di posisi kelima.

Namun di akhir sesi Q2, Carlos Sainz sukses menjadi yang tercepat dengan catatan 1 menit 10,814 detik, mengalahkan Russell dan Verstappen di belakangnya. Lima pembalap yang harus tersingkir di Q2 adalah Pierre Gasly, Esteban Ocon, Fernando Alonso, Zhou Guangyu, dan Alex Albon.

Red Bull kembali menunjukan dominasinya di awal Q3 setelah Verstappen kembali menjadi yang tercepat dengan catatan 1 menit 10,515 detik, disusul oleh Hamilton di posisi kedua, dan Sergio Perez di urutan ketiga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)