Sejalan dengan DBON, Bersama Cetak Juara Jadi Tema Perayaan Haornas Ke-39

Minggu, 04 September 2022 - 22:05 WIB
loading...
Sejalan dengan DBON, Bersama Cetak Juara Jadi Tema Perayaan Haornas Ke-39
Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 rencananya bakal digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat (9/9/2022) dengan mengambil tema Bersama Cetak Juara / Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 rencananya bakal digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat (9/9/2022) dengan mengambil tema Bersama Cetak Juara. Tema tersebut diusung, sejalan dengan semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dimana ujung dari sebuah pembinaan olahraga adalah mencetak juara di pentas dunia, seperti Olimpiade serta kejuaraan dunia.

Guna mewujudkan hal itu dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Hal tersebut seperti diungkapkan Menteri Pemuda dan olahraga (Menpora) Zainudin Amali kepada awak media, Minggu (4/9/2022).

"Tema peringatan Haornas yang ke-39 pada tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, semangatnya adalah kerjasama, kolaborasi, sinergi, sehingga tidak bisa sendiri-sendiri untuk mencetak juara," tutur Menpora Amali.

BACA JUGA: Hasil Final Japan Open 2022: Jepang Gondol 2 Gelar

Pada DBON memang disebutkan, terdapat 17 Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi serta seluruh Kabupaten/Kota yakni 517, harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

"Tema Haornas kali ini intinya implementasi dari DBON, disamping turut mensosialisasikan undang-undang baru yakni UU No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang disahkan beberapa waktu lalu oleh DPR RI," tutur Menpora Amali.

Berlangsungnya perayaan Haornas yang ke-39 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur ini, menurut Menpora Amali, sekaligus memperkuat komitmen menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai barometer pemerintahan Indonesia yang baru kedepannya.

BACA JUGA: Hasil Persib vs RANS Nusantara FC: Sihir Luis Milla Bikin Tim Sultan Betah di Degradasi

"Melalui sektor olahraga juga turut menguatkan komitmen nasional terhadap Ibu Kota yang baru yakni IKN, dimana wujud kongretnya adalah sebagai barometer pemerintahan, disitu pula kebijakan, kemudian implementasi DBON juga akan dikomandani dari Ibu Kota yang baru, bahkan bapak Presiden Joko Widodo pun telah memerintahkan untuk membuat sports canter di IKN," pungkas Menpora.

Peringatan Haornas tahun 2022 ini akan terasa sangat berbeda dari edisi dua tahun sebelumnya yang hanya dilakukan di Jakarta dalam ruangan tertutup (indoor) dan diikuti oleh para stakeholder olahraga secara virtual lantaran pandemi Covid-19.

Perayaan yang berlangsung di Stadion Batakan dengan konsep outdoor itu, dipastikan akan melibatkan puluhan ribu masyarakat setempat yang turut ambil bagian memeriahkan Haornas yang ke-39 ini.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)