3 Duel Tinju Paling Singkat Sepanjang Sejarah, Salah Satunya 7 Detik

Kamis, 08 September 2022 - 16:01 WIB
loading...
3 Duel Tinju Paling Singkat Sepanjang Sejarah, Salah Satunya 7 Detik
3 Duel Tinju Paling Singkat Sepanjang Sejarah, Salah Satunya 7 Detik. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Pertarungan tinju umumnya berlangsung 12 ronde. Namun, sejarah mencatat ada cukup banyak pertarungan yang berlangsung singkat, salah satunya bahkan cuma 7 detik.



Pertandingan tinju akan dikatakan selesai apabila salah satu peserta tinju berhasil memenangkan pertandingan, baik dengan poin maupun KO. Umumnya, duel digelar 3 hingga 12 ronde dengan durasi masing-masing tiga menit.

Berikut 3 pertandingan tinju paling singkat sepanjang sejarah, apa aja sih?

1. Mike Collins vs Pat Brownson (1497)
3 Duel Tinju Paling Singkat Sepanjang Sejarah, Salah Satunya 7 Detik

Pertandingan tinju antara Mike Collins melawan Pat Brownson berhasil memecahkan rekor sebagai pertandingan tinju tersingkat mengalahkan Mike Tyson, seorang mantan petinju pada kelas berat dengan julukannya, “Pria paling buruk di dunia” yang merupakan petinju paling dahsyat yang ada di dunia.

Mike Collins berhasil melumpuhkan lawannya Pat Brownson tepat pada detik keempat dari waktu dimulainya pertandingan melalui pukulannya yang pertama. Ketika itu Collins menggunakan pukulan kidal sehingga mampu membuat lawannya Brownson bingung karena dirinya yang menggunakan teknik ortodoks.

Pada era tersebut wasit dalam pertandingan tinju tidak menghitung waktu hingga kesepuluh seperti pertandingan saat ini, hal inilah berhasil memenangkan Collins setelah menjatuhkan Brownson ke ring dengan pukulan kiri yang kuat.

2. Seniesa Estrada vs Miranda Adkins (2020)
3 Duel Tinju Paling Singkat Sepanjang Sejarah, Salah Satunya 7 Detik

Seniesa Estrada yang mendapatkan julukan “Superbad” berhasil mengalahkan sang lawan Miranda Adkins dalam pertarungan kelas terbang junior di Fantasy Springs Resort Casino.

Pukulan tak henti yang dikerahkan oleh petenis asli Los Angeles Timur ini berhasil menjatuhkan Adkins dalam tujuh detik. Hal ini membuat sang wasit, Edward Hernandez segera menghentikan pertandingan tanpa berhitung hingga kesepuluh.

Kala itu, setelah bel pertandingan dibunyikan Estrada dengan cepat melakukan kombinasi pukulan yang mampu menarik perhatian Adkins dari kansas sebagai pengganti Jacky Calvo yang mengalami cedera lutut ketika waktunya bertanding melawan Estrada.

Pertandingan ini menjadi tonggak sejarah sebagai pertandingan tinju wanita paling cepat sepanjang masa.

3. Phil Williams vs Brandon Burke (2007)
3 Duel Tinju Paling Singkat Sepanjang Sejarah, Salah Satunya 7 Detik

Pertandingan yang dilalui oleh Phil Williams yang biasa dipanggil “The Drill” melawan Brandon Burke berhasil masuk dalam pertandingan tinju singkat sepanjang sejarah dengan waktu tanding selama 10 detik. Rekor duel yang berhasil diraih oleh Williams saat itu (3-0-3) sementara Burke (0-2-1) pada pertandingan kelas berat.

Pertandingan yang terjadi pada tahun 2007 ini menjadi pertandingan paling mengesankan untuk Williams dan Burke. Menurut Williams pertandingan ini merupakan kemenangan utama, sementara menurut Burke hal ini merupakan pelajaran baru untuk dirinya.

Setelah berakhirnya pertarungan ini, Burke kembali bertarung setelah pensiun pada 2009 dengan rekor (0-5-1), sementara Williams tetap aktif dengan mengubah rekor menjadi (11-5-1). Dengan 4 kekalahan yang diperoleh Williams dalam 5 pertarungan terakhirnya, petinju asal Amerika itu berencana untuk mengakhiri masa kariernya.

MG/Ni Made Susilawati
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)