Aneh, JIS Tak Layak Gelar Timnas Indonesia vs Curacao saat FIFA Matchday

Jum'at, 09 September 2022 - 15:52 WIB
loading...
Aneh, JIS Tak Layak Gelar Timnas Indonesia vs Curacao saat FIFA Matchday
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
A A A
JAKARTA - Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Curacao saat FIFA Matchday batal digelar di Jakarta International Stadium (JIS). Padahal stadion megah tersebut digadang-gadang akan menjadi stadion pertama yang akan berstandar internasional di Tanah Air.

Pada akhir Juli 2022 silam, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) melakukan inspeksi terhadap enam stadion, yakni Stadion Demang Lehman (Martapura), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Stadion Barwijaya (Kediri) dan JIS (Jakarta). Dari keenam stadion yang disebut, hanya JIS saja yang gagal dipakai untuk Liga 1 2022-2023.



Sebelumnya, Persija diisukan akan berkandang di JIS. Namun PT LIB menyatakan bahwa JIS belum memenuhi syarat verifikasi.

Terkini, Timnas Indonesia juga batal menjalani laga FIFA Matchday versus Curacao di JIS. Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa JIS belum memenuhi syarat infrastruktur dalam banyak segi, seperti jumlah pintu stadion, area parkir, kekokohan pagar pembatas dan lain sebagainya.

Hal itu amat miris, sebab JIS sempat digadang-gadang sebagai stadion megah berstandar internasional. Hal itu pernah diungkapkan oleh Direktur Proyek Jakarta Propertindo, Iwan Takwin.

“Menjadi tantangan bagi kami untuk menyediakan fasilitas di sana dengan standar FIFA, Alhamdulilah on progress, on schedule dan on quality. Semoga pemain-pemain berkelas dunia bisa menikmati bermain secara profesional di JIS,” kata Iwan pada sebuah jumpa pers yang digelar pada 1 Desember 2021 silam.

Ironisnya lagi, PSSI sempat mengumumkan bahwa laga Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao di JIS. Kemudian, pada rapat pembahasan naturalisasi bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Ketua Umum (Ketum), Mochamad Iriawan merevisi bahwa laga yang digelar pada 27 September 2022 nanti akan dihelat di Stadion Pakansari, Bogor.

JIS sejatinya sudah dipakai untuk beberapa pertandingan. Sebelumnya, JIS digunakan untuk International Youth Championship 2021 dan laga uji coba Persija versus Chonburi FC.

Laga Persija menghadapi Chonburi FC sendiri saat itu diwarnai insiden. Pada laga yang dihelat 24 Juli 2022 silam tersebut, pagar JIS saat itu ambruk.

Sebelumnya sempat kembali beredar rumor bahwa Persija akan memainkan laga kandang versus Madura United di JIS pada 17 September 2022 mendatang. Namun rumor tersebut hanya lewat seperti angin lalu.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)