Hasil Kualifikasi GP Italia 2022: Ferrari Dominan, Charles Leclerc Pole Position

Sabtu, 10 September 2022 - 22:27 WIB
loading...
Hasil Kualifikasi GP Italia 2022: Ferrari Dominan, Charles Leclerc Pole Position
Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, berhasil merebut pole position di GP Italia 2022. Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini
A A A
MONZA - Pembalap tim Scuderia Ferrari, Charles Leclerc merebut pole position GP Italia 2022 . Ferrari semakin dominan, dengan Carlos Sainz Jr yang berada di posisi ketiga.

Berlangsung di Sirkuit Monza, Sabtu (10/9/2022), kualifikasi dimulai dengan sesi Q1. Sejumlah pembalap mendapat penalti, namun hal itu tak membuat mereka tetap melaju sekencang mungkin.

Baca Juga: Hasil PSM Makassar vs Persebaya: Bajul Ijo Dipecundangi Juku Eja

Keadaan itu membuat persaingan begitu ketat. Pada akhirnya, lima pembalap yang tersingkir adalah Nicholas Latifi, Sebastian Vettel, Lance Stroll, Kevin Magnussen dan Mick Schumacher. Sementara Max Verstappen menjadi yang tercepat dengan 1 menit 20,922 detik.

Setelah Verstappen unggul di Q1, giliran Ferrari yang digdaya pada Q2. Charles Leclerc tampil sebagai yang tercepat pada Q2, dan rekan satu timnya, Carlos Sainz Jr di posisi kedua.

Sementara lima pembalap lain harus mengakhiri babak kualifikasi di sesi Q2. Antara lain Esteban Ocon, Valtteri Bottas, Nyck De Vries, Zhou Guanyu dan Yuki Tsunoda.

Persaingan yang ketat lalu berlangsung di Q3. Menariknya, dua mobil Mercedes tidak langsung menuju lintasan ketika sesi dimulai. Mereka tampaknya menunggu kondisi lintasan lebih sepi.

Leclerc kemudian dapat memanfaatkan kondisi. Dia pun langsung melaju sekencang mungkin, dan merebut pole position, dengan waktu tercepat 1 menit 20,161 detik.

Perolehan Leclerc itu sendiri tidak lepas dari campur tangan Sainz. Rekan satu timnya itu melaju di depan Leclerc, dan memberikan slipstream. Meski begitu, Sainz dapat mengamankan posisi ketiga.

Sementara Verstappen harus bekerja keras untuk mengalahkan waktu Leclerc. Namun, dia hanya menjadi yang tercepat kedua. Namun, dengan penalti yang diterima, dia akan memulai balapan dari posisi ketujuh.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1860 seconds (11.210#12.26)