Jagoan MMA Indonesia Eko Roni Saputra: ONE Championship Lindungi Keselamatan Petarung

Minggu, 11 September 2022 - 22:00 WIB
loading...
Jagoan MMA Indonesia Eko Roni Saputra: ONE Championship Lindungi Keselamatan Petarung
Menjadi petarung MMA bukanlah profesi atlet yang tanpa risiko. Namun, jagoan asal Indonesia Eko Roni Saputra merasa aman saat berlaga berkat protokol keselamatan yang diterapkan ONE Championship / Foto: Istimewa
A A A
Menjadi petarung MMA bukanlah profesi atlet yang tanpa risiko. Namun, jagoan asal Indonesia Eko Roni Saputra merasa aman saat berlaga berkat protokol keselamatan yang diterapkan ONE Championship .

Eko , yang tengah mencatatkan enam kemenangan beruntun di pentas internasional ONE Championship, menyebut jika organisasi tempatnya bertarung sangat peduli akan keselamatan atlet lewat berbagai tes kesehatan yang diterapkan jelang laga.

Salah satunya adalah tes hidrasi demi memastikan para atlet yang berlaga tidak kekurangan cairan dalam tubuh mereka. Tes yang dianggap revolusioner ini pula yang membedakan ONE Championship dengan promotor olahraga tarung lainnya.

"Kalau bagi saya, tes hidrasi sangat penting ya karena mengetahui kandungan cairan di dalam tubuh kita. Sejauh ini saat saya bermain di kancah nasional atau internasional, enggak pernah [ada tes] hidrasi, dan kandungan hidrasi ini sangat berpengaruh pada power dan bisa mencegah cepat keram," ujar mantan pegulat yang mendominasi tiga edisi Pekan Olahraga Nasional (PON) ini.

BACA JUGA: Golovkin Ungkap Kelemahan Terbesar Canelo: Kesombongan Harus Dihukum!

Tes hidrasi memang krusial demi menjaga keselamatan atlet terutama demi menghindari pengurangan berat badan ekstrem. Hal itu kerap terjadi pada atlet olahraga tarung karena mereka harus mencapai bobot tertentu yang telah ditentukan.

Mengurangi kandungan cairan dalam tubuh dengan tidak banyak mengonsumsi air memang menjadi cara yang kerap terjadi demi mengurangi bobot tubuh dalam waktu singkat. Namun, hal ini tentu berisiko tinggi apalagi dalam olahraga yang penuh kontak fisik.

Dengan diterapkannya tes hidrasi, para atlet yang berlaga di ONE Championship dianjurkan berlaga di kelas yang sesuai dengan bobot alami mereka. Para petarung diperbolehkan mengurangi bobot badan asalkan mereka memiliki kandungan cairan yang cukup.

BACA JUGA: Akhir Brutal Nate Diaz Hancurkan Tony Ferguson usai 15 Tahun di UFC

Selain itu, Eko juga mengapresiasi rangkaian tes kesehatan lain sebelum tanding seperti pengecekan kepala, mata, serta darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)