Kekayaan Gennadiy Golovkin Raja Tinju Kelas Menengah yang Tajir Melintir

Selasa, 13 September 2022 - 05:05 WIB
loading...
Kekayaan Gennadiy Golovkin Raja Tinju Kelas Menengah yang Tajir Melintir
Kekayaan Gennadiy Golovkin Raja Tinju Kelas Menengah yang Tajir Melintir. Foto: REUTERS/Las Vegas Sun/Steve Marcus/Files
A A A
LAS VEGAS - Gennadiy Golovkin adalah seorang mantan pemegang gelar WBC, WBA Super, dan IBO. Sepanjang kariernya, Golovkin telah mengumpulkan cukup banyak harta kekayaan hingga 30 juta dolar AS atau setara Rp445 miliar.

Kekayaan itu terkumpul sejak Golovkin tampil sebagai petinju profesional yang melakoni debutnya melawan Gabor Balogh di Castello Dusseldorf, 6 Mei 2006. Sejak saat itu, Golovkin sudah melakoni 44 pertarungan dengan rekor 42 kemenangan, 37 di antaranya menang KO.

Baca Juga: Kekayaan Gennadiy Golovkin Tembus Rp447 Miliar, Bisa Bertambah dari Sponsor

Teranyar, Gennady Golovkin berhasil merebut sabuk juara dunia WBA kelas menengah super setelah merobohkan Ryoto Murata di ronde sembilan. Duel unifikasi gelar itu berlangsung di Saitama Super Arena, Saitama, Minggu (10/4/2022).

Pada tahun 2019, Golovkin masuk dalam daftar 5 petinju dengan bayaran termahal. Petinju Kazakhstan ini mengantongi 40 juta dolar AS (sekitar Rp 562 miliar) sebagai bayaran pada duel melawan Saul Canelo Alvarez yang berlangsung di T-Mobile, Nevada, AS, 15 September 2018.

Petinju berjuluk GGG atau Triple G lahir di kota Karaganda di RSS Kazakh, Uni Soviet (sekarang Kazakhstan). Pada usia 10 tahun, Golovkin masuk gym tinju pertamanya di Maikuduk, Karaganda, Kazakhstan.

Saat itu dia mendapat pelatih tinju pertamanya yang bernama Victor Dmitriev. Selama mengikuti latihan tinju, Golovkin anggap sangat bagus.

Sebulan setelah dia pertama kali memasuki gym, pada usia 10, pelatih memerintahkan dia untuk masuk ke ring untuk memeriksa keterampilannya dan dia kalah dalam pertarungan pertamanya.

Dia sempat mencicipi tinju amatir dengan sejumlah prestasi di antaranya medali emas Asian Games 2022 di Busan dan menyabet perak Olimpiade Athena 2004.

Setelah mengakhiri karier amatirnya pada tahun 2005, Golovkin menandatangani kontrak dengan Universum Box-Promotion (UBP) dan melakoni debut profesionalnya pada Mei 2006.

Sejumlah laporan menyebut agama yang dianut Golovkin adalah Ortodoks. Hal itu diperkuat pada fakta bahwa dia menikahi Alina Golovkina di Gereja Ortodoks Timur pada tahun 2007 sebelum akhirnya dikaruniai dua orang anak.

Biodata Golovkin

Nama: Gennadiy Gennadyevich Golovkin
Julukan: GGG
Kebangsaan: Kazakhstan
Kelahiran: RSS Kazakh, Uni Soviet (sekarang Kazakhstan) 8 April 1982
Rekor tinju
Total pertarungan 44
Menang 42
Menang KO 37
Kalah 1
Imbang 1
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1557 seconds (11.210#12.26)