Enggak Level JIS Dibandingkan Stadion Pakansari

Senin, 12 September 2022 - 19:34 WIB
loading...
Enggak Level JIS Dibandingkan Stadion Pakansari
Stadion Pakansari rencananya akan dipilih PSSI untuk menggantikan JIS (Jakarta International Stadium) dalam menggelar FIFA Matchday melawan Curacao pada 24 September 2022 / Foto: Instagram/@jakintstadium
A A A
Stadion Pakansari rencananya akan dipilih PSSI untuk menggantikan JIS (Jakarta International Stadium) dalam menggelar FIFA Matchday melawan Curacao pada 24 September 2022. Meski belum ada kepastian resmi apakah stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu bakal menggelar laga tersebut, namun suara sumbang yang diutarakan pecinta sepak bola di Tanah Air.

Ini tak lepas dari pernyataan PSSI yang menilai bahwa JIS belum layak menggelar laga bertajuk FIFA Matchday tersebut. Padahal fasilitas yang ditawarkan lebih menjanjikan ketimbang Stadion Pakansari.

Sebenarnya stadion yang nantinya akan digunakan ialah Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk laga pertama, sementara Stadion Pakansari akan menjadi opsi pengganti JIS pada laga kedua.

BACA JUGA: Pengelola Pakansari Persilakan PSSI Tinjau Kelayakan Stadion

JIS sendiri terhitung sebagai stadion yang baru diresmikan yang berada di kawasan Jakarta Utara yang dikatakan telah memenuhi standar FIFA.

Bila menilik dari fasilitas dari kedua stadium terlihat jelas bila JIS memiliki daya tampung dan fasilitas yang lebih mumpuni. Ini berkaca pada kapasitas penonton di kedua stadion tersebut.

JIS diketahui dapat menampung 82 ribu penonton. Sedangkan Stadion Pakansari hanya dapat menampung sekitar 30 ribu penonton.

BACA JUGA: Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Selain itu, JIS juga telah dirancang sehingga memiliki teknologi yang dapat menyalurkan sirkulasi udara yang baik di dalam bangunan sehingga dapat membuat para pemain tak mudah lelah. Sementara di stadion lain di Indonesia belum ada yang memiliki teknologi tersebut termasuk juga Stadion Pakansari.

Bila melihat dari kualitas rumput, JIS sudah pasti memiliki kualitas yang lebih apik dibanding Stadion Pakansari. Bahkan lapangan stadion yang berada di Bogor itu justru dikenal lebih sering tergenang air bila diguyur hujan deras.

Kejadian tersebut belum lama terjadi ketika digelarnya pertandingan antara RANS Nusantara FC vs PSM Makassar pada Agustus kemarin. Hasil dari inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI sempat menyatakan bahwa JIS dianggap belum memenuhi kelayakan 100 % infrastruktur seperti area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara.

Sehingga untuk menggelar pertandingan FIFA Matchday yang mengundang animo penonton, mesti dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25 persen hingga ke 100 persen dari perhitungan maximum safety capacity.

(yov)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3376 seconds (10.55#12.26)