Netizen Kritik Marselino dan Ronaldo, Timnas Indonesia U-19 Diminta Tidak Terpengaruh

Kamis, 15 September 2022 - 10:30 WIB
loading...
Netizen Kritik Marselino dan Ronaldo, Timnas Indonesia U-19 Diminta Tidak Terpengaruh
Indonesia U-19 melumat Timor Leste U-19 saat Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Tapi, Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan menuai kritikan pedas dari netizen. Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
A A A
SURABAYA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 berhasil melumat Timor Leste U-19 dengan skor 4-0 pada laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Tapi, tidak semua pemain mendapat pujian dari netizen Tanah Air.

Baca Juga: Pelatih Hong Kong Tantang Suporter Timnas Indonesia U-19 Penuhi Stadion

Setidaknya ada dua penggawa Garuda Nusantara yang menjadi sasaran tembak. Performa Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan menuai kritikan pedas dari pecinta sepak bola Indonesia di media sosial.

Ini mendapat perhatian dari Asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto. Dia kemudian mengingatkan kepada para pemain untuk bijak menggunakan handphone (HP) selama Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Warganet menyorot performa Ronaldo dan Marselino kala tanpil di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022). Marselino turun sejak kick-off. Sedangkan Ronaldo masuk menggantikan Rahmat Beri Santoso di awal babak kedua.

Selepas laga, Ronaldo dan Marselino kemudian malah banjir hujatan di media sosial. Keduanya dinilai mengalami penurunan performa.

Pelatih Shin Tae-yong juga nampak tidak puas dengan performa Marselino. Terbukti, gelandang Persebaya Surabaya itu ditarik pada menit ke-61 dan digantikan Zanadin Fariz.

Nova kemudian mengingatkan anak asuhnya agar tidak terlalu terpengaruh dengan ocehan netizen di media sosial. Karena itu, dia mengingatkan kepada para pemain agar bijak menggunakan telepon genggam.

“Memang kami selalu mengingatkan untuk pemain, agar mereka bisa mengatur kondisinya, termasuk penggunaan HP,” kata Nova ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (15/9/2022).

Nova mengakui tidak menerapkan batasan khusus perihal penggunaan H, seperti yang dilakukan Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16. Menurutnya, para pemain sudah dianggap cukup dewasa untuk membatasi diri dari suara sumbang warganet.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1798 seconds (11.97#12.26)