Poin dan Gol Timnas Indonesia vs Vietnam Sama, Bagaimana Aturan Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023?

Sabtu, 17 September 2022 - 17:12 WIB
loading...
Poin dan Gol Timnas Indonesia vs Vietnam Sama, Bagaimana Aturan Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023?
Sejumlah pemain Timnas U-19 mengikuti latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/9/2022). ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.
A A A
SURABAYA - Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan menentukan siapa lolos secara otomatis ke putaran final di Uzbekistan. Namun, kedua tim punya jumlah poin dan selisih gol yang sama. Lantas, seperti apa format untuk lolos?

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Vietnam U-20 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (16/9/2022) malam. Kick-off digelar pukul 20.00 WIB.



Timnas Indonesia U-20 mengoleksi 6 poin dari dua kemenangan masing-masing atas Hong Kong (5-1) dan Timor Leste (4-0). Uniknya, Vietnam juga menang 5-1 atas Hong Kong dan menang 4-0 atas Timor Leste sehingga kedua tim sama-sama mengoleksi 6 poin.

Atas situasi ini, maka raihan mencetak gol dan selisih gol akan sama persis di antara Indonesia dan Vietnam jika pertandingan terakhir berakhir imbang. Sebenarnya, situasi head-to-head pada pertemuan langsung yang menjadi tiebreaker utama.

Namun, dengan asumsi laga berakhir seri, maka itu tidak akan bisa memecahkan masalah tentang siapa yang lebih berhak di antara Indonesia dan Vietnam untuk menjadi juara Grup F. Oleh sebab itu, peraturan tiebreaker berlanjut kepada penentuan berikutnya.

Saat ini Timnas Indonesia U-20 berada di puncak klasemen sementara Grup F lantaran jumlah kartu kuning yang lebih sedikit dibandingkan Vietnam U-20. Pertanyaannya, bagaimana jika kedua tim bermain imbang di laga pemungkas Grup F besok?

Menurut PSSI, pertandingan Timnas Indonesia U-20 vs Vietnam U-20 akan berlanjut ke babak adu penalti untuk menentuka juara grup sekaligus siapa berhak lolos ke putaran final Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

“Kalau besok Indonesia dan Vietnam berakhir imbang atau seri dengan skor berapapun otomatis selisih dan agregat gol masih sama. Akan dilanjutkan ke babak penalti,” kata media officer PSSI, Badung Saputra.

Namun, jika Indonesia kalah dari Vietnam, itu bukan berarti tim asuhan Shin Tae-yong takkan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, yang akan diselenggarakan di Uzbekistan, Maret 2023. Sebab, masih memungkinkan jika Timnas Indonesia U-20 merupakan salah satu dari lima runner-up terbaik.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)