Fakta Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 2023: Antara Kejeniusan STY dan Peran Supersub

Senin, 19 September 2022 - 06:04 WIB
loading...
Fakta Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 2023: Antara Kejeniusan STY dan Peran Supersub
Pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 menghadirkan banyak fakta menarik untuk Timnas Indonesia / Foto: PSSI
A A A
Drama lima gol tercipta saat Indonesia menghajar Vietnam dengan skor 3-2 pada laga pemungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Minggu (18/9/2022) malam WIB. Kemenangan itu menghadirkan banyak fakta menarik untuk Garuda Nusantara.

Seluruh gol yang tercipta di pertandingan pemungkas Grup F ini terjadi di babak kedua. Indonesia membuka keran gol melalui aksi Marselino Ferdinan di menit 59.

Namun Vietnam berhasil membalikkan keadaan menjadi 1-2. Tapi mentalitas pemain Indonesia untuk merebut tiket Piala Asia U-20 2023 patut diacungi jempol.

BACA JUGA: Duta Jalan Sehat, Julukan Netizen untuk Ronaldo Kwateh

10 menit sebelum pertandingan usai, Indonesia berhasil comeback dengan membalikkan keadaan menjadi 3-2. Kedua gol kemenangan Garuda Nusantara dicetak Ferrari (81') dan Rabbani Tasnim (84').

Kemenangan itu mengantarkan Indonesia ke Piala Asia U-20 2023 dengan status juara Grup F setelah mengumpulkan nilai sempurna (9 poin) dari tiga laga yang dimainkan. Lantas apa saja fakta menarik yang tercipta di pertandingan ini?

BACA JUGA: Profil Rabbani Tasnim, Predator Mematikan saat Dibutuhkan

Berikut Fakta Menarik Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 2023:

1. Keputusan Tepat Shin Tae-yong

Pada pertandingan krusial ini Shin Tae-yong melakukan eksperimen dengan memainkan Ronaldo Kwateh sebagai starter. Namun kepercayaan yang diberikan pelatih tak mampu dijawab dengan baik.

Pasalnya, selama 45 menit pertama, Ronaldo terlihat gagal memanfaatkan setiap peluang yang datang. Alhasil, Shin Tae-yong terpaksa menariknya di babak kedua.

Keputusan Shin Tae-yong menarik Ronaldo dan menggantikannya dengan Marselino Ferdinan berbuah manis. Sebab, 10 menit setelah bermain, dia sukses mencetak gol pembuka untuk Indonesia.

2. Dua Gol dari sang Supersub

Marselino Ferdinan semakin identik dengan sebutan supersub di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pasalnya, dalam dua pertandingan terakhir melawan Hong Kong dan Vietnam, pemain bernomor punggung 7 itu ia mampu memberikan efek besar pada permainan Indonesia dengan mencetak dua gol saat turun dari bangku cadangan.



3. Shin Tae-yong Hapus Kutukan

Bukan hanya para pemain Garuda Nusantara saja yang punya catatan istimewa di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pelatih Shin Tae-yong juga pantas mendapatkan apresiasi dari penggemar sepak bola di Tanah Air.

Pasalnya, Shin Tae-yong sukses menghapus kutukan tak pernah menang melawan Vietnam. Sebelumnya, pelatih berusia 51 tahun itu selalu gagal membawa Indonesia menang melawan Vietnam di berbagai kelompok umur.

Tercatat, sudah ada empat laga Timnas Indonesia gagal menang atas Vietnam sejak diasuh Shin Tae-yong . Tapi pada pertemuan kelima, STY akhirnya menghapus rekor buruk itu.

4. Shin Tae-yong Pembawa Perubahan

Kehadiran Shin Tae-yong di sepak bola Tanah Air setidaknya mampu membawa perubahan untuk permainan Timnas Indonesia. Betapa tidak, pelatih dari Negeri K-Pop itu sukses membawa dua kelompok usia mentas di turnamen bergengsi.

Pertama, Shin Tae-yong berhasil mengantarkan Timnas senior Indonesia tampil di Piala Asia 2023. Kala itu, skuad Garuda lolos sebagai runner up terbaik berkat koleksi enam poin.

Terbaru, Shin Tae-yong mengantarkan Timnas Indonesia U-20 mentas di Piala Asia U-20 2023. Tak tanggung-tanggung, pelatih berusia 51 tahun itu membuat catatan sempurna di kualifikasi dengan belum terkalahkan dalam tiga pertandingan Grup F.

5. Penampilan Ke-18 di Piala Asia U-20

Mungkin banyak penggemar yang tidak tahu bahwa Garuda Nusantara sudah 18 kali tampil di ajang ini. Penampilan perdana Timnas Indonesia dimulai pada 30 Maret 1960. Saat itu, pertandingan yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malasia, Indonesia menang dengan skor meyakinkan 9-3 atas Singapura.

Itu merupakan kemenangan terbaik yang dicetak Timnas Indonesia di Piala Asia U-20. Tapi berbicara kemenangan pasti ada kekalahan.

Ya, Indonesia juga pernah kalah dengan skor telak saat menghadapi Arab Saudi. Pada pertandingan yang digelar di Riyadh, 3 Desember 1986 itu, Timnas Indonesia kalah dengan skor 7-0.

Timnas Indonesia tercatat sudah sekali juara, dua kali runner up, dan sekali berada di peringkat ketiga. Prestasi terbaik Garuda Nusantara itu terjadi pada tahun 1961.

Sementara peringkat kedua terjadi pada 1967 dan 1970. Sedangkan Timnas Indonesia merebut posisi ketiga pada 1962.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)