DPR Terima Surat Jokowi Soal Naturalisasi Shayne Pattynama ke Timnas Indonesia

Selasa, 20 September 2022 - 16:29 WIB
loading...
DPR Terima Surat Jokowi Soal Naturalisasi Shayne Pattynama ke Timnas Indonesia
DPR Terima Surat Jokowi Soal Naturalisasi Shayne Pattynama ke Timnas Indonesia. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Rencana naturalisasi Shayne Pattynama ke Timnas Indonesia hari ini masuk babak baru. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) baru menerima surat dari Presiden Joko Widodo berisi permohonan pertimbangan calon naturalisasi.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (20/9/2022). Lodewijk yang memimpin rapat menyebut sudah menerima surat tersebut dari Jokowi.

Baca Juga: Timnas Curacao Beda Level Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Nggak Umbar Taktik

“Sidang dewan yth, perlu kami beritahukan bahwa pimpinan dewan telah menerima 10 pucuk surat dari Presiden yaitu: Surat keempat, R36 tanggal 25 Agustus 2022 perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama saudara Shayne Elian Jay Pattynama,” ucap Lodewijk.

Dengan begini, tahap naturalisasi pemain keturunan Belanda itu sudah berada di meja DPR. Nantinya, ini akan melalui tahap pertimbangan oleh Komisi III dan Komisi X DPR RI .

Seperti diketahui, sebelum Pattinama, ada pemain keturunan lain yang juga dinaturalisasi yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Kedua pemain ini sudah lolos dari pertimbangan DPR RI dan menunggu keputusan final dari Presiden.

Pattinama, Sandy Walsh, dan Jordi Amat merupakan tiga calon naturalisasi yang direkomendasikan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Disebabkan masih tertahan proses naturalisasinya, ketiga pemain ini belum bisa memperkuat skuad Garuda di ajang terdekat.

Misalnya pada FIFA Matchday 2022 yang bakal digelar 24 dan 27 September mendatang melawan Curacao. Laga ini akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Pakansari, Bogor.

Sebanyak 23 pemain sudah resmi dipanggil Shin Tae-yong namun tak ada nama ketiga pemain tersebut. Ketiganya diharapkan tampil di Piala AFF 2022 Desember mendatang.
(sto)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2189 seconds (10.101#12.26)