Jaga Rekor Tak Terkalahkan di Liga 1, PSM Makassar Tingkatkan Mentalitas

Rabu, 21 September 2022 - 20:33 WIB
loading...
Jaga Rekor Tak Terkalahkan di Liga 1, PSM Makassar Tingkatkan Mentalitas
Pelatih PSM Makassar akan menghadapi Persis Solo pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Juku Eja ingin meneruskan tren tak terkalahkan. Foto: LIB
A A A
MAKASSAR - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares tengah fokus menjaga mentalitas para pemain selama jeda Liga 1 2022/2023. Ini agar Juku Eja bisa meneruskan tren tak terkalahkan.

Baca Juga: Timnas Curacao Beda Level Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Nggak Umbar Taktik

Liga 1 sedang rehat untuk sementara lantaran ada agenda FIFA Matchday antara Indonesia vs Curacao. Namun, para pemain PSM tetap melakukan latihan untuk menjaga performa dan kebugaran.

Tavares ingin pasukannya dalam kondisi siap ketika Liga 1 dilanjutkan lagi dengan Persis Solo sebagai lawan, Kamis (29/9/2022). Sebab, dia ingin menjaga rekor apik PSM di Liga 1 musim ini.

PSM menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan setelah melakoni sembilan pertandingan. Ini menjadi modal penting untuk bersaing dalam perebutan gelar juara. Nyatanya, mereka hanya terpaut dua poin dari Madura United.

Namun, Tavares merasa catatan impresif PSM sejauh ini bisa saja terganggu akibat jeda kompetisi. Untuk mengantisipasinya dia akan fokus untuk menjaga mentalitas para pemain.

"Kami hanya akan fokus pada mentalitas pemain. Setelah pertandingan itu (vs Dewa United), saya pikir pemain sudah bahagia dan harus dipertahankan," ungkap Tavares, dilansir dari laman resmi PT LIB, Selasa (20/9/2022).

Tavares menyebut anak asuhnya hanya perlu fokus selama latihan untuk peningkatan performa. Dengan begitu, Wiljan Pluim dkk bisa terus menjaga stabilitas permainan.

"Apa yang kami lakukan selama ini supaya bisa konsisten hanya fokus di dalam latihan. Selama pemain terus menunjukkan penampilan dan sikap seperti itu, saya pasti akan senang," tambah pelatih asal Portugal itu.

Baca Juga: 4 Pemain Timnas Indonesia U-19 Tampil Konsisten di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Tak Ada Marselino

Di sisi lain, Tavares enggan terbuai soal catatan tidak terkalahkan PSM di Liga 1 musim ini. Dia menyadari penampilan impresif ini tidak akan bertahan selamanya.

Walau tidak berharap terjadi, pasti ada kalanya PSM harus menerima kekalahan dari lawan. Itu bisa terjadi jika tidak bisa menjaga mentalitas para pemainnya.

"Pada akhirnya kami akan kalah. Entah itu di pertandingan selanjutnya atau di pertandingan terakhir. Mau apapun yang terjadi, pemain harus tetap fokus di latihan," tutupnya.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1182 seconds (10.101#12.26)