Legenda Timnas Vietnam Minta VFF Belajar dari Indonesia

Rabu, 21 September 2022 - 13:04 WIB
loading...
Legenda Timnas Vietnam Minta VFF Belajar dari Indonesia
Kegagalan Vietnam keluar sebagai juara Grup F di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, memantik reaksi dari Nguyen Manh Dung / Foto: Instagram Shin Tae-yong
A A A
Kegagalan Vietnam keluar sebagai juara Grup F di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 , memantik reaksi dari Nguyen Manh Dung. Legenda sepak bola Vietnam itu berharap ada pembenahan dari federasi soal memilih pelatih di setiap kategori umur.

Nguyen Manh Dung bahkan menyarankan agar Vietnam belajar dari Indonesia. Saran ini muncul setelah Vietnam kalah 2-3 dari Indonesia pada laga pemungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Menurutnya, federasi bisa mengganti pelatih kepada sosok yang lebih baik lagi. Nguyen Manh Dung menyarankan agar VFF menunjuk Gong Oh Kyun dari Korea Selatan sebagai pelatih kepala di Timnas Vietnam U-20.

BACA JUGA: Gacor di Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo Dapat Penghargaan

Pelatih ini dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan mampu membawa semangat di antara pemain muda Timnas Vietnam U-23 di ajang Piala Asia U-23 2022. "Permainannya yang murah hati bersama Vietnam U23 di Kejuaraan AFC U23 2022. Diagram 4-3-3 yang berorientasi pada serangan membawa fitur baru ke sepakbola Vietnam, memanfaatkan potensi dengan sangat baik bakat dan semangat para pemain muda," tulis media Vietnam The Thao 247, Rabu (21/9/2022).

Bukan hanya saja, Nguyen Manh Dung berpendapat bahwa ini juga bentuk efektifitas dan efisiensi dari kepelatihan Timnas. Selain memanfaatkan kontrak Gong Oh Kyun yang sampai SEA Games 2023 (Mei 2023) mendatang, ini juga bentuk pembinaan di bawah satu instruksi.

Ya, layaknya Indonesia yang memilih Shin Tae-yong sebagai pelatih di semua kategori umur (Senior, U-23, dan U-20). Manh Dung pun berharap ada pelajaran yang dipetik federasi dari Indonesia.

BACA JUGA: Robi Darwis dan Kakang Dapat Pengalaman Baru di Timnas Indonesia, Luis Milla: Terima Kasih STY!

"Mengapa Federasi Sepak Bola Indonesia dapat mengirim pelatih Shin Tae Yong untuk memimpin tim U20 meskipun dia adalah pelatih kepala tim U23 dan tim nasional? Ini cara kerjanya, cara menggunakannya. gunakan uang dan manfaatkan orang. VFF (Federasi Sepak Bola Vietnam) juga harus belajar dari mereka,” ucap pria berusia 42 tahun ini.

Sejauh ini hingga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 kemarin, Timnas Vietnam U-20 masih menggunakan jasa pelatih lokal Dinh The Nam. Dari situ, sang pelatih kerap dikritik dan dinilai tak berdaya membantu skuad keluar dari tekanan saat bermain di Indonesia.

Diharapkan pergantian pelatih yang dimaksud mulai diterapkan di Piala Asia U-20 2023 mendatang. Seperti diketahui, tim Bintang Emas juga berhasil lolos melalui jalur runner-up grup terbaik.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1142 seconds (10.177#12.26)